Begini Caranya Bedakan Bohlam Lampu Motor Asli dan Palsu

Otomotif

Begini Caranya Bedakan Bohlam Lampu Motor Asli dan Palsu

Begini Caranya Bedakan Bohlam Lampu Motor Asli dan Palsu

7uplagi.com – Begini Caranya Bedakan Bohlam Lampu Motor Asli dan Palsu

Begini Caranya Bedakan Bohlam Lampu Motor Asli dan Palsu

Bohlam ialah perangkat penting dalam sistem penerangan kendaraan. Tiada keberadaannya, meluncur di jalan gelap akan begitu menyusahkan.

Kehadiran bohlam makin penting, sesudah muncul ketentuan yang mengharuskan sepeda motor menyalakan lampu, baik itu siang ataupun malam hari. Intensitas penggunaan yang tinggi, membuat filamen bohlam gampang putus.

Pemilik bengkel Riyan Jaya Motor di Bekasi Barat, yang tidak ingin dimaksud namanya menjelaskan, umur bohlam lampu sebetulnya bermacam.

“Usianya beda-beda, tetapi umumnya rata-rata 5.000 jam penggunaan. Dapat lebih, dapat kurang,” katanya.

Itu penyebabnya, dia merekomendasikan untuk beli bohlam asli, yang sepesifikasinya sama dengan jenis sepeda motor. “Diusahakan beli yang orisinal, daya lsitriknya sama dengan motor. Jika palsu, bisa saja dayanya beda,” katanya.

Berkaitan ramainya suku cadang palsu, dia menjelaskan, terdapat beberapa langkah memperbedakan produk asli serta imitasi. Langkah paling mudah ialah lewat paket.

“Kalau beli bohlam, sebelum mekanik bengkel mulai pasang, cek dahulu kemasannya. Bohlam asli, di kemasannya ada hologram dengan kode dari pabrik,” tuturnya.

Menariknya, walau pemilik motor telah memahami mengenai keaslian produk, mereka masih pilih memakai produk palsu. Mengingat, biaya yang dikeluarkan lebih dikit.

“Biasanya, banyak yang hadir ke bengkel untuk beli onderdil tiruan (palsu), walau sebenarnya kurang dianjurkan. Jika ingin beli itu (suku cadang) lebih baik ke bengkel sah. Selain orisinal, bisa garansi pun,” katanya.

Komentar
To Top