Dari Pencabulan Hingga Hina Lambang Negara, Kasus-Kasus Artis yang Gemparkan 2016

Hiburan

Dari Pencabulan Hingga Hina Lambang Negara, Kasus-Kasus Artis yang Gemparkan 2016

Ada banyak hal mengejutkan yang terjadi sepanjang tahun awal 2016. Mulai dari kasus pelecehan seksual yang melibatkan Indra Bekti dan Saiful Jamil hingga kasus pelecehan lambang negara oleh Zaskia Gotik. Berikut 10 peristiwa fenomenal yang dirangkum oleh 7uplagi:

1. Pelecehan Seksual Indra Bekti

Awal tahun 2016 dibuka dengan kasus yang cukup menggegerkan dari Indra Bekti. Ia diduga melakukan pelecehan seksual kepada Gigih Arsanova. Gigih bahkan sudah melaporkan Indra Bekti ke Polda Metro Jaya, Jakarta, dengan tuduhan pelecehan seksual.

Sayangnya, niatan Gigih untuk melapor malah ditolak polisi. Meski sudah memiliki bukti berupa rekaman suara, tapi pihak kepolisian merasa kalau laporan Gigih tak memiliki dasar hukum yang kuat. Selain itu, polisi juga menyarankan Gigih berkonsultasi ke ahli bahasa guna mencari tahu arti kesusilaan yang sebenarnya.

2. Perseteruan Stuart Collin dan Risty Tagor

Perseteruan datang dari mantan pasangan suami istri Stuart Collin dan Risty Tagor. Meski sudah dinyatakan bercerai, Stuart Collin masih bersikeras enggan berpisah hingga mengajukan banding. Tak hanya itu, Stuart bahkan sempat mengadu kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) lantaran mengaku sulit bertemu dengan anak kandungnya, Arkana Rafif Bisyari.

Menanggapi laporan tersebut, KPAI telah melakukan tinjauan ke rumah Risty Tagor. Dari hasil pantauan Ketua KPAI, Asrorun Niam Sholeh mengungkap jika tidak ada yang salah dengan Arkana. Bahkan, pertumbuhannya terbilang sangat baik dan berat badannya terus bertambah. Perseteruan Risty dan Stuart sudah tercium sejak akhir 2015 lalu.

3. Pelecehan Seksual Saiful Jamil 

Belum selesai kasus dugaan pelecehan Indra Bekti, publik kembali dibuat heboh dengan kabar serupa. Kali ini giliran penyanyi dangdut Saiful Jamil yang ditangkap atas tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap remaja pria berinisial DS. Atas tuduhan ini, Saipul dinyatakan sebagai tersangka. Sempat dituntut hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp 100 juta, mantan suami Dewi Persik ini divonis 3 tahun penjara.

Di tengah kasus tersebut, Saipul juga dituding melakukan upaya penyuapan demi meringankan hukumannya. Ibarat jatuh tertimpa tangga, Saipul kini malah dikabarkan telah ditipu uang di saat dirinya membutuhkan dana. Atas kasus ini kakak Saiful Jamil, Samsul Hidayatullah, kini memasuki babak baru. Samsul baru-baru ini mendapat vonis hukuman penjara selama dua tahun. Tak hanya itu, ia juga harus membayar denda sebesar Rp 50 juta.

4. Zaskia Gotik Hina Pancasila

Lelucon yang disampaikan oleh pedangdut cantik Zaskia Gotik di salah satu segmen acara televisi ternyata menuai banyak kecaman dari para netter. Bagaimana tidak, Zaskia dianggap telah menghina lambang sila kelima Pancasila dengan menyebutnya sebagai bebek nungging. Ia juga sengaja bercanda menyebut tanggal 32 Agustus sebagai hari Proklamasi.

Tentu saja, lelucon Zaskia itu langsung diprotes keras oleh para netter. Pemilik Goyang Itik itu bahkan sempat dilaporkan oleh LSM KPK mencabut laporan ke Polda Metro Jaya. Tapi laporan itu dicabut oleh LSM KPK usai Zaskia meminta maaf kepada publik. Bahkan mantan tunangan Vicky Prasetyo itu pun kini diangkat menjadi duta Pancasila.

5. Ayah Marshanda Pengemis

Dinas Sosial Jakarta Selatan mengamankan seorang pengemis yang mengaku sebagai ayah Marshanda pada Maret lalu. Pengemis yang diamankan dalam kondisi menyedihkan tersebut diketahui sering mangkal di Jalan Bangka, Mampang, Jakarta Selatan. Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan lantas memastikan jika pria bernama Irwan Yusuf itu memang ayah Marshanda.

Selain Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Marshanda sendiri mengakui bahwa pria tersebut adalah ayahnya. Setelah mengaku, mantan istri Ben Kasyafani itu merawat dan membelikan sebuah rumah untuk ayahanda tercinta.

6. Seleb Prostitusi

Selebriti yang terlibat prostitusi masih menghiasi 2016. Tahun ini nama Tyas Mirasih terus dikaitkan dengan kasus prostitusi artis yang didalangi oleh mucikari Robby Abbas alias RA. Nama mantan pacar Syamsir Alam ini masuk dalam daftar BAP bersama beberapa artis lainnya yakni salah satunya adalah Amel Alvi.

Meski begitu, Tyas sudah membantah kabar yang melibatkan dirinya itu. Akan tetapi, beberapa pihak lainnya mengungkapkan pernyataan yang bertolak belakang dengan ucapan Tyas. Salah satunya mucikari artis Robby Abbas yang sangat yakin jika Tyas masuk dalam jaringan prostitusi. Tak hanya Tyas, nama Bella Shofie juga disebut-sebut terseret dalam kasus ini.

7. Uus Sindir Hijabers dan Idol K-Pop

Netter Indonesia pun sempat dibuat berang gara-gara tweet komedian Uus yang mengejek para idol Korea. Dalam tweet-nya, komika berkepala plontos itu menyebutkan bahwa Siwon Super Junior adalah seorang gay dan ada juga tweet yang membahas masa lalu G-Dragon Big Bang yang kesandung kasus marijuana.

Selain mengejek para idol, Uus juga sempat melontarkan sindiran untuk para pencinta K-Pop berhijab yang terlalu fanatik. Lantaran hal ini, Uus sempat “diserang” oleh sejumlah netter. Sempat masuk media luar, Uus pun makin dibanjiri kritikan pedas netter sedunia. Lewat akun Twitternya, Uus meminta maaf pada publik. Dalam permintaan maafnya, ia menyadari kalau pendapatnya tentang Siwon cs memang agak keterlaluan.

8. Nania Idol Masuk Kristen Usai Salat Tahajud

Jelang pertengahan tahun 2016, kabar yang cukup menghebohkan datang dari Nania Yusuf atau akrab dikena sebagai Nania Idol. Jebolan “Indonesian Idol” itu mengaku berpindah keyakinan usai menjalankan Salat Tahajud.

Kabar tersebut ramai dibicarakan usai video pengakuan Nania beredar luas di dunia maya. Keputusan Nania ini sempat menuai hujatan dari netter. Bahkan penyanyi cantik ini sempat diancam akan dibunuh oleh sang ayah usai menyatakan berpindah agama. Meski begitu, semua halangan ini tak menggoyahkan keputusan Nania untuk berpindah agama.

9. Prilly Latuconsina Maki Keluarga Aliando ‘Anjing’

Persahabatan Aliando dan Prilly Latuconsina diuji pada tahun 2016. Secara mengejutkan, sebuah kata makian yang ditunjukkan untuk keluarga Aliando sempat keluar dari mulut Prilly. Meski tidak jelas, terdengar jika bintang “Ganteng-Ganteng Serigala” ini sempat menyebut kata anjing. Video itu pun langsung menuai perdebatan di kalangan netter. Meski ada yang membela Prilly, sebagian lain justru miris melihat kelakuan aktris muda itu.

Ungkapan kasar Prilly Latuconsina untuk keluarga Aliando itu rupanya tak muncul begitu saja. Teman dekat dan beberapa netter menduga bahwa ungkapan Prilly itu sebenarnya sudah lama terpendam. Sebagai sahabat Michelle Joan menduga bahwa semua ucapan Prilly itu sebenarnya sudah lama ingin diungkapkan. Seorang netter menyebut jika ungakapn itu lantaran Prilly mendapat perlakuan kasar dari keluarga Aliando.

Terkait dengan video tersebut, akhirnya ibu Prilly, Ully Djulita mengungkap jika sejak video itu beredar, ia telah menghubungi keluarga Aliando. Bahkan, ia dan keluarga juga telah mendatangi kediaman Aliando untuk memberikan penjelasan. Diungkap oleh Ully, keluarga Ali bersikap baik dan menerima mereka dengan ramah.

10. Istri Aming Dituding Cowok

Pernikahan Aming dengan Evelyn Nada Anjani di awal Juni 2016 menyita perhatian publik. Penampilan Evelyn yang kelewat tomboy membuat netter sempat mengira jika istri Aming adalah seorang pria. Terkait kondisi istrinya, Aming menjelaskan jika Evelyn memiliki hormon yang berbeda dari kebanyakan wanita. Sahabat Aming, Tora Sudiro juga membuktikan jika Evelyn adalah seorang perempuan.

Selain itu, Evelyn juga perlahan menunjukkan jika dirinya memang wanita tulen. Seperti diketahui Evelyn sempat mengandung beberapa waktu lalu. Tapi sayang istri Aming mengalami keguguran. Hingga saat ini, belum lagi terdengar kabar Evelyn kembali mengandung.


To Top