Data Kartu Tani Bakal Menjadi Dasar Kementan untuk Penyusunan Kebijakan

Nasional

Data Kartu Tani Bakal Menjadi Dasar Kementan untuk Penyusunan Kebijakan

Data Kartu Tani Bakal Menjadi Dasar Kementan untuk Penyusunan Kebijakan
Data Kartu Tani Bakal Menjadi Dasar Kementan untuk Penyusunan Kebijakan

7uplagi.com – Kementerian Pertanian (Kementan) akan jadikan Kartu Tani menjadi kelengkapan data menjadi basic pengaturan kebijaksanaan. Kartu Tani adalah fasilitas akses service perbankan terintegrasi yang berperan menjadi simpanan, transaksi, penyaluran utang sampai kartu subsidi (e-wallet).

“Keunggulan dari Kartu Tani ini pada lain single entry data, proses validasi bertahap dengan online, transparan, serta multifungsi,” kata Direktur Jenderal Prasarana serta Fasilitas (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, Jumat (12/4).

Sarwo Edhy menjelaskan, tersedianya data yang komplet serta tepat dalam kartu tani mempunyai banyak manfaat. Pertama, menjadi basic pengaturan kebijaksanaan buat Pemerintah. Ke-2, tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan buat Kementerian Keuangan. Ke-3, data keperluan pupuk dengan tepat sampai tingkat pengecer buat Pupuk Indonesia.

Ke empat, buat Bulog bisa memproyeksikan kekuatan panen di satu daerah melalui data pupuk subsidi yang dialirkan, hingga bisa selekasnya menyerap hasil panennya, terima dana dengan utuh serta beli pupuk subsidi sesuai dengan paket yang dikasihkan buat petani.

“Sedangkan kelebihan ke lima ialah buat dinas pertanian bisa tahu produktivitas tempat satu daerah. Kartu Tani diinginkan jadi masa baru untuk mensejahterakan petani Indonesia,” kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy memberi animo yang sebesar-besarnya pada semua pihak, khususnya beberapa petani Kabupaten Pangkajene serta Kepulauan (Pangkep), yang sudah manfaatkan Kartu Tani dalam sekejap.

Kartu Tani ini diinginkan bisa tingkatkan kesejahteraan beberapa petani, serta yang akan datang kelak diinginkan pun tidak cuma penyaluran pupuk, tapi pun bibit. Kartu Tani dapat jadi alat sinergitas BUMN yang mengepalai bidang pertanian, hingga semua berjalan cepat serta lancar.

“Jika ini berjalan, insya Allah semua pas waktu, hingga petani bisa memperoleh harga yang terbaik serta bisa makin sejahtera,” lebih Sarwo Edhy.

Seperti didapati, Bupati Kabupaten Pangkajene serta Kepulauan (Pangkep) Syamsuddin Hamid sudah melepas beberapa ribu Kartu Tani (KT) di Pangkep dengan luas tempat kira-kira 21.000 hektare (ha).

Kartu Tani mewajibkan petani mempunyai Kartu Tani untuk memperoleh pupuk subsidi serta pertolongan pemerintah lainnya. Karena itu, Bupati Pangkep menggerakkan beberapa petani di desa-desa untuk selekasnya mengakhiri Gagasan Definitif Keperluan Grup (RDKK) yang akan berperan menjadi database Grup Tani serta pembagian pupuk bersubsidi.

Selain itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep, Andi Sadda menjelaskan, Kartu Tani itu bisa dipakai oleh petani untuk beli pupuk bersubsidi di kios sah yang telah dipastikan. Selain itu dapat dipakai untuk meminjam modal di satu diantara bank punya pemerintah.

“Kartu Tani akan berisi paket sesuai keperluan petani. Jumlahnya dari paket itu bergantung dari luas tempat yang dipunyai tiap-tiap petani. Tetapi, kartu itu tidak bisa diuangkan,” jelas Andi.

Andi memberikan, dengan Kartu Tani, program pupuk bersubsidi bisa di terima petani yang sampai kini kesukaran memperoleh supply.

“Dengan Kartu Tani, pemerintah dapat tahu dengan pas data petani yang memerlukan pupuk serta jumlahnya pupuk yang diperlukan. Oleh karenanya, distribusi pupuk subsidi semakin lebih pas tujuan serta efektif,” katanya.

Data yang diperlukan pemerintah itu didapatkan dari RDKK yang dibikin oleh Grup Tani. Hingga pemerintah bisa mengukur dengan pas jumlahnya petani serta jumlahnya pupuk yang diperlukan.

“Perbaikan sistem serta validasi e-RDKK selalu dikerjakan untuk penyaluran pupuk bersubsidi. Hingga nanti pupuk bersubsidi dapat lebih pas tujuan sekaligus juga sinkron dengan databaseyang akan dipakai menjadi kartu tani,” jelasnya.

Sedang petani yang belum mempunyai Kartu Tani, papar ia, ke depan tidak diijinkan untuk beli pupuk subsidi. Tetapi, bila telah terdata di RDKK, meskipun tidak mempunyai Kartu Tani, petani bisa beli pupuk bersubsidi.

23 Comments
To Top