Film Garapan Sutradara Kamila Andini Berkompetisi di Festival Film Toronto

News

Film Garapan Sutradara Kamila Andini Berkompetisi di Festival Film Toronto

Film Karya Sutradara Kamila Andini Berkompetisi di Festival Film Toronto

Film Karya Sutradara Kamila Andini Berkompetisi di Festival Film Toronto

7uplagi.com – The Seen and Unseen, film garapan karya sutradara Kamila Andini, ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto 2017. Film fiksi panjang ini juga berkompetisi dengan 11 karya film lain dan menjadi satu-satunya film dari Asia di program Platform.

Platform merupakan satu sesi di festival yang dianggap paling prestisius. 11 film lain di sesi Platform berasal dari Eropa, Inggris, dan Amerika. Sebelumnya, film terbaik Oscar 2017, Moonlight, juga diputar perdana di program ini.

The Seen and Unseen, atau Sekala Niskala, menjadi film panjang kedua karya Kamila sebagai sutradara setelah The Mirror Never Lies (2011), yang telah meraih sejumlah penghargaan di Festival Film Indonesia.

Film diproduksi oleh Treewater dan Fourcolours dengan produser Gita Fara dan Ifa Isfansyah. Aktor yang terlibat dalam film tersebut adalah Thaly Titi Kasih, Gus Sena, Ayu Laksmi, I Ketut Rina, dan Happy Salma.

Kisahnya tentang saudara kembar berumur 10 tahun, Tantri dan Tantra, dalam pengalaman spiritual yang sarat dengan kearifan lokal, mitos, cerita rakyat, tradisi, serta budaya Bali. Tantri harus menghadapi tragedi pahit setelah kehilangan saudara kembarnya.

Menurut keterangan resmi, proses produksi film karya Kamila berjalan selama sekitar 5 tahun dan mendapat beragam dukungan dari sejumlah pihak. Beberapa antara lain Hubert Bals Fund, Asia Pacific Screen Awards Children’s Film Fund, dan Cinefondation La Residence.

Film karya Kamila juga dipresentasikan dalam Hong Kong Asia Film Financing Forum, Filmex Talents Tokyo, dan Venice Production Bridge. Lalu pendanaan juga didapat lewat sistem urun dana yang membuat para donatur secara otomatis menjadi co-producer. Selain itu, Doha Film Institute terlibat sebagai co-producer melalui dukungan pendanaan untuk paska-produksi.

Tim juri sesi Platform untuk TIFF 2017 terdiri dari Chen Kaige, Malgorzata Szumowska, dan Wim Wenders. Film pemenang akan diumumkan dalam seremoni penghargaan tanggal 17 September 2017.

Baca juga :
Neymar : Meninggalkan Barcelona “salah satu keputusan terberat” dalam hidupku
Adam Lallana Alami cedera Paha, Absen Dua Bulan

To Top