Harimau Sumatera Meneror Warga Nagari Unggan

Nasional

Harimau Sumatera Meneror Warga Nagari Unggan

Harimau Sumatera Meneror Warga Nagari Unggan

7uplagi.com – Harimau Sumatera Meneror Warga Nagari Unggan

Harimau Sumatera Meneror Warga Nagari Unggan

Masyarakat di Nagari Unggan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, beberapa waktu akhir-akhir ini dibikin geger dengan munculnya seekor harimau Sumatera.

Bahkan juga, Raja Rimba, julukan buat Panthera Tigris Sondaica itu didapati telah memangsa empat ekor kambing punya masyarakat ditempat.

“Munculnya harimau Sumatera ini, didapati di hari Minggu tempo hari. Ada masyarakat yang sudah sempat lihat. Laporan penduduk, ada empat ekor ternak yang dimangsa,” kata Kepala Resor BKSD Lokasi Sijunjung, Zulmi Gusrul, Selasa 12 Februari 2019.

Disampaikannya, menjadi bentuk antisipasi, pihaknya telah turunkan team. Bahkan juga, bersama dengan masyarakat juga lakukan penghalauan dengan teriakan suara supaya harimau menjauh dari pemukiman.

Zulmi menjelaskan, dari penemuan beberapa jejak diprediksikan harimau Sumatera itu berumur kurang dari dua tahun. Serta, lagi masuk babak belajar berburu. Akan tetapi, demikian mesti masih dicermati. Mengingat, setiap saat binatang itu dapat muncul kembali pada pemukiman masyarakat, jika stock makanan telah habis.

“Sampai saat ini keadaan masih tetap aman. Kelihatannya, harimau itu telah jauh masuk ke rimba, menjauhi pemukiman masyarakat. Kita tetap akan monitoring serta lakukan penghalauan bersama dengan masyarakat. Sebab karakter harimau, bila persediaan makanan tidak ada lagi, jadi kembali akan mendekat ke pemukiman masyarakat. Ternak yang jadi tujuan,” tutur Zulmi.

Meskipun begitu, Zulmi menyatakan, pihaknya masih tetap belum menempatkan camera serta kerangkeng, sebab, keadaan masih tetap aman. Akan tetapi, jika bahaya selalu meneror, jadi beberapa usaha serta aksi akan diambil. Termasuk juga tangkap, membius, serta mengevakusi harimau itu.

“Sejauh ini, kita selalu memonitor keadaan di lapangan. Perseteruan harimau di Nagari Unggan ini, semenjak Desember 2018 lalu, terjadi,” papar Zulmi.

To Top