Ini Penyebab Harga Jual Mobil di Indonesia Bisa Murah

Otomotif

Ini Penyebab Harga Jual Mobil di Indonesia Bisa Murah

7uplagi.com – Ini Penyebab Harga Jual Mobil di Indonesia Bisa Murah

Ini Penyebab Harga Jual Mobil di Indonesia Bisa Murah

Bahan baku masih tetap jadi salah satunya komoditi import yang besar banyaknya di Indonesia. Bahan ini dipakai untuk memproduksi beberapa produk, termasuk juga kendaraan.

Walau sebenarnya, ada banyak elemen di mobil serta sepeda motor yang bahan bakunya dapat didapat lewat proses daur lagi. Menurut Kementerian Perindustrian, sekarang ini Indonesia baru dapat mendaur lagi 12,5 % dari standar industri yang sudah diputuskan, yaitu 25 %.

“Plastik itu bukan sampah. Dari sisi biaya, plastik ialah bahan baku yang relatif lebih bersaing di banding yang lain, serta menyerap emisi lebih rendah,” tutur Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto lewat launching.

Plastik yang disebut dipakai menjadi beberapa elemen, dari mulai bumper sampai dasbor. Menurut Airlangga, jika industri otomotif memakai plastik baru, jadi biaya produksi akan tambah mahal.

Selain itu, salah satunya implementasi industri daur lagi di bidang otomotif yang telah berjalan ialah pembuatan blok mesin serta pelek. 80 % telah memakai material daur lagi.

“Aluminum alloy itu masuk material daur lagi. Saya tegaskan kembali, jika industri daur lagi ini ialah suatu yang perlu dikerjakan. Jadi, tak perlu cemas,” katanya.

To Top