Jokowi Bakal Terbang Pantau Gempa di Mentawai?

Nasional

Jokowi Bakal Terbang Pantau Gempa di Mentawai?

[ad_1]

7uplagi.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diminta untuk segera melakukan langkah deteksi dini dan mengantisipasi adanya korban dalam gempa sebesar‎ 7,8 skala Richter yang mengguncang ‎Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Rabu malam 2 Maret kemarin.

“Seperti yang sudah disampaikan oleh Presiden bahwa sudah memerintahkan pada BNPB untuk mengambil langkah-langkah,” kata juru bicara Kepresidenan Johan Budi SP di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/3/2016).

“Baik itu dari sisi pencegahannya (adanya korban) maupun dari sisi mengatasi apabila gempa itu menimbulkan damage ke masyarakat Mentawai maupun Sumbar,” sambung dia.

Dia mengatakan, pasca-terjadinya gempa tersebut, Jokowi terus memantau perkembangan di sana. Termasuk mengenai adanya gempa susulan di Mentawai pada pagi tadi.

‎”Tentu Beliau dapat laporan dari ketika masih berada di Medan, itu langsung diinformasikan malam itu juga, dan langsung meminta kepada Kepala BNPB untuk melakukan deteksi dini,” ucap dia.

Lalu, apakah Jokowi berencana memantau langsung ke wilayah Mentawai atau wilayah lainnya yang diguncang gempa?

“Kalau dari jadwal belum ada sekarang ini. Kalau nggak salah posisi Presiden siang tadi di Palembang, kemarin dari Medan,” tutur Johan. ‎

Gempa berkekuatan 7,8 SR ‎mengguncang wilayah Sumatera pada Rabu 2 Maret 2016 pukul 19.49 WIB. Lokasi gempa berada di 5,16 LS dan 94,05 BT. Gempa berkedalaman 10 km itu berada di 682 km Barat Daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Beberapa gempa susulan kembali terjadi hingga siang tadi. Seluruh gempa tidak memicu tsunami.

 

***Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di 7uplagi.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

[ad_2]

Komentar
To Top