Kuatnya Pengaruh Akun Gosip IG di Dunia Selebriti Indonesia

Hiburan

Kuatnya Pengaruh Akun Gosip IG di Dunia Selebriti Indonesia

Setahun belakangan ini, para ‘pemerhati’ gosip Indonesia sedang mengalihkan pandangan mereka dalam akun-akun anonim di media sosial Instagram. Akun-akun ini menyajikan berita yang didapat dari investigasi pribadi admin, maupun kiriman dari para pengikutnya.

Konten yang diunggah pun beragam. Mulai dari gosip dan investigasi dasar para selebriti, hingga video-video kiriman netizen mengenai orang biasa yang melakukan sesuatu yang tak seharusnya.

Salah satunya adalah akun Instagram @lambe_turah. Akun ini sangat dikenal karena berita-berita semi investigasi mengenai selebritis Indonesia. Belakangan ini, akun tersebut mulai memasukkan video-video kiriman netizen atau video viral selain gosip selebriti.

Lantas, seberapa powerful-kah akun @lambe_turah dalam mempersuasif followersnya? Akun ini sendiri memiliki followers 3 juta akun, tepatnya 3.022.161 akun.

Terlihat dalam data tersebut, engagement dalam satu post Instagram rata-rata di atas 10.000 likes. Data tersebut juga menyebutkan jika @lambe_turah rata-rata mengunggah 3 hingga 8 post perharinya antara rentang 30 Juni hingga 18 Juli.

Belum lagi setiap post selalu dihujani komentar dengan jumlah yang sangat banyak. Untuk berita yang sangat viral, seperti video bullying Thamrin saja, komentarnya bisa mencapai jumlah yang menakjubkan, 41 ribu komentar dengan 71 ribu likes!

Banyaknya komentar dan likes tersebut memperlihatkan jika akun-akun anonim kini telah memegang peranan penting dalam memberikan informasi sekaligus membentuk opini kepada para pengikutnya. Jika dulu, kita mengenal berita selebriti dari acara televisi, kini sepertinya tren tersebut mulai bergeser seiring semakin aktifnya orang-orang di social media.

Social media sendiri adalah platform yang sangat mudah untuk membagi-bagikan berita secara cepat, bahkan pantauan langsung dari netizen yang berada di lokasi. Akun anonim menjadi semacam ‘fasilitator’ untuk berita-berita dan video-video yang masuk dari netizen untuk ditayangkan dan akhirnya dilihat oleh ribuan orang setanah air.

Saking kuatnya pengaruh akun-akun anonim ini, beberapa website kini sudah mulai membuat artikel yang berdasarkan dari unggahan di akun anonim. bahkan acara televisi yang menyajikan berita selebriti pun terkadang mengambil sumber yang sama, karena akun anonim dianggap lebih cepat menyajikan video atau kejadian update ketimbang televisi maupun berita tulisan.

Akun anonim ini bukannya tak mempuyai kelemahan. Karena materi unggahan berasal dari netizen, ataupun hanya dari investigasi dasar, kebenarannya tentu tak bisa dipastikan. Sebagai netizen yang bijak, sudah sepatutnya untuk tidak menelan informasi secara mentah dan menyelidiki kebenarannya terlebih dahulu sebelum beropini.

To Top