Lulusan SMK diminati perusahaan luar negeri

Nasional

Lulusan SMK diminati perusahaan luar negeri


Pariaman (7uplagi.com) – Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), diminati banyak perusahaan luar negeri.

Kepala SMK N 3 Pariaman, Rafuddin di Pariaman, Rabu, mengatakan pada 2016 tercatat 43 pelajar telah lulus seleksi dan diterima oleh perusahaan dari Jepang untuk siap bekerja.

“43 pelajar tersebut merupakan siswa jurusan Nautika dan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), saat ini masih duduk di bangku kelas XII, nantinya setelah menyelesaikan studi maka langsung diberangkatkan ke Jepang,” tambah dia.

Sebelumnya tercatat 57 pelajar yang diseleksi untuk mengikuti magang atau bekerja dengan perusahaan negeri sakura tersebut namun hanya 43 pelajar yang diterima.

Jika dibandingkan dengan 2015, maka terjadi peningkatan jumlah pelajar yang dikirim untuk bekerja ke luar negeri. Pada 2015 pihak sekolah hanya mengirimkan sebanyak 21 pelajar dari 32 yang mengikuti seleksi.

Ia menilai tingginya permintaan perusahaan luar negeri terhadap lulusan jurusan Nautika dan Teknika Kapal Penangkap Ikan dapat dijadikan prospek lapangan pekerjaan.

Selain itu, para lulusan SMKN 3 Pariaman juga akan dibekali sertifikat keahlian bidang studi. Diantaranya, sertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (ANKAPI) dan Ahli Teknik Kapal Penangkap Ikan (ATKAPIN).

Sejak sekolah tersebut berdiri pada 2006 hingga saat ini telah memiliki enam jurusan bidang studi unggulan yaitu Nautika, Teknika Kapal Penangkap Ikan, Rekaya Perangkat Lunak, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Agri Bisnis Perikanan, dan Teknik Komputer dan Jaringan.

Sementara itu Darmasyah Darwis, salah seorang Wali Murid SMKN 3 Pariaman, menilai pendidikan di sekolah tersebut sangat bagus dan potensial dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Ia menilai selain mengajarkan ilmu pengetahuan, pihak sekolah dinilai juga sukses menanamkan nilai-nilai budi pekerti seperti kerja sama, kedisiplinan, dan kemampuan lainnya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016


To Top