News

Mantan Ketum Muhammadiyah Menganggap Pelaku Teror Sedekah Laut Tidak Waras

Mantan Ketum Muhammadiyah Menganggap Pelaku Teror Sedekah Laut Tidak Waras

7uplagi.com – Mantan Ketum Muhammadiyah Menganggap Pelaku Teror Sedekah Laut Tidak Waras

Mantan Ketum Muhammadiyah Menganggap Pelaku Teror Sedekah Laut Tidak Waras

Buya Syafii mengecam aksi kerusuhan diikuti pengancaman pada anggota pelaksana sedekah laut di Pantai Baru, Yogyakarta minggu kemarin. Buya Syafii memohon polisi untuk lekas menyelesaikan perkara itu.

Buya Syafii memohon penduduk dan kaum muslim untuk meningkatkan kultur kewarasan, sehingga tidak melakukan perihal anarkistis. Beliau juga memohon penduduk untuk mengerti budaya penduduk setempat.

“Umat muslim ini kan sebagian besar. Tapi mereka heterogen. Jadi begini, ciptakan kultur kewarasan. Jika sudah waras maka banyak titik temunya,” kata Buya di kediamannya di Nogotirto, Gamping, Sleman, Senin, 15 Oktober 2018.

Menurut Buya Syafii, teror kepada acara sedekah laut itu semestinya tidak terjadi. Dia memohon polisi lekas dilakukan tindakan sehingga penduduk tak boleh dalam keadaan takut.

“Jangan takut sama mereka. Jika takut nanti yang tak waras yang akan menang,” kata Buya.

Bahkan juga Buya Syafii menuding, aksi pembubaran acara sedekah laut itu adalah dampak dari ajaran Wahabi. “Pengaruh wahabisme itu berbahaya,” kata bekas Ketua Umum Muhammadiyah itu.

Sekumpulan orang membubarkan dan merusak persiapan acara sedekah laut yang akan diselenggarakan pada Sabtu 13 Oktober 2018. Perusakan itu diduga dilakukan saat malam sebelum acara diselenggarakan.

Polisi sudah menangkap sembilan orang yang diduga melakukan perusakan dan intimidasi. Mereka masih tetap melakukan pemeriksaan.

Comments
To Top