Menteri PUPR Mengatakan Tidak Mungkin Robot Gantikan Manusia

Nasional

Menteri PUPR Mengatakan Tidak Mungkin Robot Gantikan Manusia

Menteri PUPR Mengatakan Tidak Mungkin Robot Gantikan Manusia

7uplagi.com – Menteri PUPR Mengatakan Tidak Mungkin Robot Gantikan Manusia

Menteri PUPR Mengatakan Tidak Mungkin Robot Gantikan Manusia

Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan, pihaknya selalu berusaha menjaring beberapa ide cemerlang dari generasi muda di lingkungan kementeriannya. Karena, pengembangan tersebutlah yang tidak dapat tergantikan oleh robot di hari esok.

Inspirasi serta pengembangan itu dipandang Basuki akan punya pengaruh ke beberapa bidang pembangunan. Hingga pada akhirnya dapat tingkatkan level easy of doing business atau EODB Indonesia di mata dunia.

“Contohnya untuk perizinan, yang sampai kini tetap akan disederhanakan dalam rencana tingkatkan EODB di Indonesia,” kata Basuki di kantornya, waktu buka PUPR 4.0 Expo, Senin 11 Februari 2019.

Karena itu, lewat gelaran yang diawali 11 Februari-15 Maret 2019, beberapa pengembangan pembangunan infrastruktur yang searah dengan revolusi industri 4.0 akan jadikan menjadi arena pelajari internal buat Kementerian PUPR.

Di mana, teknologi info serta komunikasi nanti akan dapat digunakan seutuhnya oleh Kementerian PUPR. Untuk sampai efisiensi yang tinggi serta kualitas produk yang lebih baik.

“Kami ingin mengevaluasi berapa canggihnya PUPR ini manfaatkan sarana IT yang telah berkembang cepat,” katanya.

Basuki mengharap, dengan PUPR 4.0 Expo ini beberapa anak muda di lingkungan Kementerian PUPR dapat lihat beberapa pengembangan di bidang infrastruktur. Lalu dapat lihat apakah yang dapat dibuat untuk menyesuaikan kapasitasnya dengan masa industri 4.0.

Hingga, nanti Kementerian PUPR bukan sekedar punyai urusan dengan tender atau penerapan fisik saja, melainkan masuk ke bagian intelektual exercise industri 4.0. Lewat kursus serta beberapa diskusi untuk tahu apakah yang perlu dikerjakan dalam soal pengembangan teknologi.

“Yang namanya 4.0, saya sendiri tidak kuasai. Tetapi ini tentu terkait dengan beyond internet. Tetapi bukan bermakna 4.0 ini menghapus SDM akan tetapi malah memerlukan SDM yang lebih andal,” kata Basuki.

“Tidak mungkin robot akan menukar manusia. Tidak mungkin sebab industri 4.0 selalu Kementerian PUPR tidak terima pegawai. Kan tidak mungkin saja yang jadi menterinya robot,” katanya.

To Top