Minat Cari Uang Online, Ini 5 Profesi yang Sedang Kekinian di Dunia Maya

Tekno

Minat Cari Uang Online, Ini 5 Profesi yang Sedang Kekinian di Dunia Maya

Melihat perkembangan media sosial yang semakin pesat, banyak orang yang kemudian memanfaatkannya sebagai lahan untuk mencari rezeki. Beragam profesi baru pun tercipta berkat popularitas media sosial. Salah satunya, content creator.

Berawal dari hobi, orang-orang yang berprofesi sebagai content creator telah mencuri perhatian masyarakat. Mereka, yang juga dikenal sebagai seleb media sosial, kerap memanfaatkan jumlah followers mereka untuk mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

Dengan banyaknya platform media sosial yang tersedia saat ini, banyak pula pilihan profesi content creator yang bermunculan. Berikut lima profesi content creator yang sedang populer di dunia maya:

Youtuber

Perubahan kebutuhan masyarakat akan media massa dapat terlihat pada fenomena di jejaring Youtube. Kini menjadi seorang Youtuber bukan cuma sekadar hobi, tapi sudah menjadi sebuah profesi. Besarnya penghasilan yang bisa diraup oleh seorang Youtuber yang telah memiliki banyak subscriber–yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah–membuat banyak orang tertarik menggeluti profesi ini.

Beauty Vlogger

Beauty vlogger merupakan salah satu kategori Youtuber yang membuat konten khusus seputar kecantikan. Keinginan banyak perempuan untuk tampil cantik membuat mereka rajin mencari tips praktis dari dunia kecantikan. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh beauty vlogger. Mau tahu berapa pendapatan seorang beauty vlogger? Besarnya bisa menembus angka puluhan hingga ratusan juta rupiah!

Jika diperhatikan, beauty vlogger dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni profesional dan amatir. Beauty vlogger profesional umumnya membagikan tips atau tutorial kecantikan sambil mempromosikan produk dari brand tertentu. Sementara beauty vlogger amatir hanya membagikan tips dan tutorial kecantikan untuk memenuhi hobinya.

Endorser

Seiring dengan membanjirnya kegiatan online marketing, menyewa endorser menjadi salah satu strategi bisnis yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Seorang endorser biasanya merupakan public figure yang memiliki reputasi baik, sehingga dipercaya untuk mempromosikan sebuah produk. Imbalan bagi endorser tak hanya bisa berupa produk brand yang ia promosikan, tapi juga honor dengan nilai tertentu. Tak heran jika profesi ini dilirik untuk meraup keuntungan di era digital.

Fotografer

Skill fotografi juga dapat menjadikan Anda seorang content creator yang baik. Dengan kemajuan teknologi, kini karya fotografi yang Anda miliki dapat dengan mudah disebarluaskan, salah satunya melalui platform Instagram. Karya-karya foto keren yang Anda tampilkan di Instagram bukan tidak mungkin akan menarik banyak followers dan likes, hingga dilirik oleh suatu brand untuk menyewa dan membayar jasa Anda sebagai fotografer.

Travel Blogger

Travel blogger kini menjadi salah satu profesi yang paling digemari oleh banyak orang. Siapa yang tidak mau? Selain bisa menyalurkan hobi jalan-jalan, seorang travel blogger juga dapat menghasilkan uang, atau menikmati fasilitas bepergian dengan tiket pesawat dan penginapan gratis! Dengan makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai travelling, profesi travel blogger pun kian menjanjikan.

Meski kelihatannya menjadi content creator atau seleb media sosial cukup mudah–hanya bermodal jumlah followers yang banyak–tapi sesungguhnya tidak begitu. Tentu saja ada proses yang harus dilalui sebelum akhirnya seseorang bisa diakui sebagai seleb media sosial dan mendapatkan penghasilkan dari sana.

Tak hanya masyarakat umum, kini banyak perusahaan juga ikut memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka. Nah, selain menjadi content creator lepas, Anda juga bisa menggunakan skill Anda untuk menjadi content creator di perusahaan.

To Top