Pertemuan IMF World Bank Untungkan Pariwisata Indonesia

News

Pertemuan IMF World Bank Untungkan Pariwisata Indonesia

Pertemuan IMF World Bank Untungkan Pariwisata Indonesia

7uplagi.com – Pertemuan IMF World Bank Untungkan Pariwisata Indonesia

Pertemuan IMF World Bank Untungkan Pariwisata Indonesia

Presiden Joko Widodo menyatakan bila Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Grup di Bali akan menguntungkan pariwisata Indonesia. Untuk itu, persiapan optimal telah dikerjakan.

“Di annual meeting sebesar itu, 15.000 (orang) akan hadir. Serta jadi rebutan semua negara. Sebab meeting seperti itu tentu mempunyai efek sangat tidak memberi citra yang baik pada negara yang digunakan untuk pertemuan itu,” kata Presiden di Kampus Sumatera Utara, Senin (8/10).

Presiden Jokowi ikut meluruskan pandangan beberapa pihak berkaitan biaya. Menurut dia, sejumlah besar biaya yang dialokasikan malah digunakan untuk perbaikan dan mendukung infrastruktur di Bali sebagai tuan-rumah. Yang selanjutnya perbaikan dan penambahan infrastruktur tersebut akan dinikmati sendiri oleh masyarakat Bali dan Indonesia.

“Biaya itu digunakan untuk memperluas apron di Bandara Bali, membuat terowongan di persimpangan yang berada di Bali sehingga tidak macet. Berarti sesudah acara akan kita gunakan selalu. Bukan suatu yang hilang,” katanya.

Tidak hanya itu, dengan hadirnya beberapa simpatisan yang dalam laporan paling akhir bahkan juga sudah sampai kira-kira 34 ribu orang diinginkan bisa tingkatkan kunjungan wisata dan devisa yang akan masuk.

“Kita harap ini malah akan menguatkan promo kita untuk beberapa tempat wisata yang berada di Indonesia. Saya duga arahnya kesana,” kata Presiden.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengamini apakah yang diutarakan Presiden Joko widodo. Menurut dia apakah yang disediakan untuk acara tersebut akan kembali masuk ke kantong negara.

“Jika bicara kembali? Itu begitu kembali, berlipat ganda itu. Barokahnya tentu tidak dikit buat pariwisata. Decision maker ekonomi dunia akan berada di Bali. Length of stay-nya tentu lebih panjang, alat coverage-nya luas, dan spending-nya pasti juga tinggi sekali. Hotel, restoran, venue, rental mobil, handycraft, tujuan wisata, semua kebagian rejeki,” tutur Menpar.

Untuk itu Kemenpar juga sudah mempersiapkan beberapa paket wisata untuk memanjakan beberapa peserta IMF-World Bank. Terdaftar ada 7 tujuan dengan 63 paket wisata yang di jual berkaitan pelaksanaan pekerjaan ini. Dari 63 paket wisata itu, 33 salah satunya berada di Bali.

“Lebih dari 60 sampai 70 % dari mereka cuma akan berwisata di sekitar MICE itu dikerjakan.
“Paket-paket yang kita jual cuma paket-paket yang biasa di jual,” katanya.

Tidak hanya itu menurut Menpar pertemuan ini begitu strategis untuk mengangkat pariwisata Indonesia. Dengan hadirnya beberapa pejabat negara dari semua dunia jadi semua mata dunia tertuju ke Indonesia.

“Tetapi yang sangat terpenting yang sedang kita hitung adalah alat value nya. Nah ini alat value nya tentu tinggi, karena sangat banyak kepala negara, kepala pemerintahan, menteri keuangan semua dunia, gubernur bank sentra semua dunia akan kumpul. Itu alat value nya tinggi,” jelas Arief.

To Top