Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Modus Ganjal ATM

News

Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Modus Ganjal ATM

Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Modus Ganjal ATM

7uplagi.com -Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Modus Ganjal ATM

Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Modus Ganjal ATM

Sindikat pencuri modus ganjal ATM dibekuk polisi. Saat beroperasi, hasil kejahatan komplotan yang beranggotakan HT, Rizal, dan A sudah sampai Rp 1 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, HT bertindak mengganjal ATM, Rizal bertindak memonitor situasi, dan A menyimpan uang hasil kejahatan.

“Jika berdasar pada laporan yang di terima kepolisian ada Rp 800 juta kerugiannya. Tapi ini masih ada yang belumlah kita imbuhkan, dapat sampai diatas Rp 1 M. Tapi yang laporan Rp 800 juta,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/9).

“Pelaku ini sudah berlaga saat satu tahun,” sambungnya.

Penangkapan ke-3 pelaku bermula dari adanya laporan polisi dari warga yang mengakui jadi korban pencurian di ATM minimarket pada 16 Juli 2017.

“Modusnya, ada terduga ini pertama mengamati, menjadi dia berputar-putar lihat ATM yang jika dikerjakan ganjalan ATM jauh dari jangkauan banyak orang,” katanya.

Sesudah itu, lanjut Argo, salah seorang pelaku yang lain berpura-pura menolong korban sambil mengingat pin ATM korban. Lalu, pelaku ambil kartu ATM dan menukarkan dengan yang palsu.

“Kelak dia berpura-pura menolong. Bagaimana dia berusaha mengingat PIN korban,” tutur Argo.

Setelah itu, isi tabungan korban dikuras oleh pelaku yang ada di Kalimantan. Hingga, selesai menukarkan ATM, pelaku berkomunikasi yang ada di Kalimantan untuk selekasnya kuras dalamnya.

“Uniknya, semua pekerjaan dikerjakan di Jakarta, tapi orang ini membuat dan mengambilnya berada di Kalimantan, menjadi Kalimantan dan Jawa,” papar Argo.

Beberapa pelaku juga dijaring dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 9 tahun hukuman penjara.

Komentar
To Top