Presiden Bersama Gubernur Jakarta Memeriksa Fasilitas Difabel di GBK

Nasional

Presiden Bersama Gubernur Jakarta Memeriksa Fasilitas Difabel di GBK

Presiden Bersama Gubernur Jakarta Memeriksa Fasilitas Difabel di GBK

7uplagi.com – Presiden Bersama Gubernur Jakarta Memeriksa Fasilitas Difabel di GBK

Presiden Bersama Gubernur Jakarta Memeriksa Fasilitas Difabel di GBK

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengevaluasi sarana umum di seputar Kompleks Gelanggang olahraga Bung Karno (GBK), Jakarta. Jokowi ingin sarana umum di kompleks ini ramah untuk para disabilitas. Dalam peninjauan itu dia mengajak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Jokowi, Anies, Agus, dan Basuki bersama-sama menyusuri Kompleks GBK. Mereka sudah sempat melihat toilet untuk penyandang disabilitas.

Selesai melihat-lihat sarana dan prasarana yang ada, Jokowi menjelaskan 80 % sarana umum di Kompleks GBK telah ramah pada kaum difabel. “Baik untuk toiletnya, musalanya, baik trotoarnya, baik layanan untuk menuju ke penonton. Saya rasa 80 % sudah baik,” kata Jokowi di lokasi, Jakarta, Selasa, 16 Oktober 2018.

Jokowi menjelaskan pemerintah ingin semua propinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia ramah pada disabilitas. Dia sudah sempat menerima beberapa masukan dari Basuki dan Anies berkaitan dengan sejumlah kekurangan yang didapati di Kompleks GBK. “Saya kira ke depan semua bangunan publik, sarana umum, transportasi, akan kami dorong penuh untuk ramah pada disabilitas,” katanya.

Jokowi memahami biarpun sudah ada undang-undang yang mengendalikan perihal hak-hak penyandang disabilitas, tetapi realisasi di lapangan belum sesuai dengan harapan. Pemerintah, ujarnya, senantiasa mencari langkah supaya di semua wilayah tersedia fasilitas umum yang ramah disabilitas.

“Itu yang saya sampaikan. Akan kami dorong, entah nanti di kaitkan dengan pajak, bisa juga dengan insentif yang lainnya,” katanya.

Dalam peninjauan ini memang tidak ada satu juga penyandang disabilitas yang diajak. Jokowi berjanji akan mengundang komunitas penyandang disabilitas ke Istana Kepresidenan untuk tukar pikiran mengenai penyediaan sarana dan prasarana yang ramah untuk mereka di semua wilayah di Indonesia.

Komentar
To Top