Regenerasi di Lingkungan Internal Polri

Dunia

Regenerasi di Lingkungan Internal Polri

7uplagi.com – Regenerasi di Lingkungan Internal Polri

Regenerasi di Lingkungan Internal Polri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik beberapa Kapolda baru serta Kadiv Propam Polri. Tito mengatakan proses perubahan jabatan itu merupakan proses pergantian di lingkungan internal Polri.

“Ini merupakan bentuk proses pergantian di lingkungan Polri yang seharusnya berlangsung,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).

Tito menuturkan proses perubahan jabatan itu tidak lepas dari jumlahnya petinggi utama yang masuk pensiun. Diluar itu, proses perputaran jabatan di pengaruhi oleh pensiun dini bekas Wakapolri Komjen (Purn) Syafruddin yang sekarang ini menjabat menjadi Menteri PAN-RB.

“Ini ditreager karena ada petinggi pejabat utama yang pensiun, pak Wakapolri, bekas ya. Pak Syafruddin, pensiun dini lalu petinggi senagai MenPAN-RB. Automatis ini dalam situlah Polri, ini keretanya dapat jadi panjang. Karena orang kedua di Polri. Rekan-rekan telah melihat beberapa waktu lalu Wakapolri tanggal 17 Agustus telah serah terima jabatan bersama dengan Kabareskrim. Nah ini rangkaiannya,” tutur Tito.

Hal sama juga berlangsung pada jabatan Kapolda di beberapa daerah. Tito memberikan contoh bekas Kapolda Jawa timur Irjen Machfud Arifin serta bekas Kapolda Riau yang akan masuk waktu pensiun.

“Diluar itu ditreager juga, oleh perubahan pensiunnya Kapolda Jawa Timur Pak Machfud Arifin yang kelak bulan kedepan masuk waktu pensiun juga. Demikian pula Kapolda Riau pak Nandang yang tidak lama lagi juga akan pensiun,” ucapnya.

Karenanya, menurut Tito, lumrah jika Polri merotasi beberapa jabatan supaya berlangsung proses pergantian. Tito mengatakan beberapa junior di lingkungan Polri sekarang ini bisa menjabat di tempat strategis.

“Organisasi sebesar Polri ini mempunyai sistem untuk pergantian, perubahan jabatan yang lebih junior mulai naik lagi. Kita lihat disini ada angkatan 86, angkatan 87, ada angkatan 88, angkatan 89. Bahkan juga yang sangat junior angkatan 93. Kapolda Banten, pak Teddy,” katanya.

Tito juga mengatakan beberapa Kapolda yang sudah dilantik ini mempun yai komptensi serta potensi yang baik. Dia juga sudah memberi arahan supaya menyukseskan beberapa agenda terpenting dari mulai Asian Games sampai Pemilihan presiden 2019.

“Saya memberi atensi agenda-agenda terpenting, dari mulai pengamanan Asian Games, Asian ParaGames, IMF World Bank Conference, yang gagasannya akan di Bali dan Penentuan Presiden serta Wakil Presiden yang kami harap dapat berjalan aman, damai, dalam situasi mudah-mudahan saya benar-benar turun ke bawah, turun bersama dengan stakeholder, lakukan pendekatan penduduk. Kapolda Papua kebetulan beragama nasrani. Saya mohon rajin-rajin masuk gereja seperti dahulu saya kerjakan,” katanya.

“Saya menginginkan support semua pihak supaya beberapa petinggi baru bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik serta di terima oleh publik, saya akan pantau mereka, saya akan pantau,” sambungnya.

To Top