Sejarah bra aka beha dari masa ke masa

Opini

Sejarah bra aka beha dari masa ke masa

7uplagi.com – Beha seringkali dilihat sebagai pakaian yang seronok. Bahkan tak jarang dijadikan bahan lelucon. Beberapa waktu lalu, seorang komedian tersandung masalah akibat ulahnya bercanda soal beha di dunia maya.

Padahal, beha merupakan salah satu temuan dari zaman Mesir Kuno yang berguna bagi perempuan. Modelnya pun terus berkembang sesuai dengan fungsinya hingga kini. Walau terkesan sederhana, pembuatannya ternyata membutuhkan beberapa percobaan hingga menjadi beha yang sesempurna saat ini.

Selama perkembangannya, beha juga mengalami beberapa kali peristiwa unik yang tercatat dalam sejarah.

Sejarah bra aka beha dari masa ke masa

1930

Kata brasseire diubah menjadi bra. Kemudian ukuran bra dibuat dari A sampai D.

1950

Aktris Hollywood Marylin Monroe memopulerkan bra peluru dengan bentuk bulat meruncing pada ujungnya.

1968

Kaum feminis memprotes pemakaian beha. Women’s Health melansir, di ajang pemilihan ratu kecantikan Miss America, mereka menyebutkan bahwa memakai beha adalah penyiksaan bagi kaum perempuan. Mereka kemudian mengajak para perempuan yang setuju untuk membakar behanya. Namun kejadian tersebut keburu diamankan oleh polisi dan membuat mereka hanya membuang behanya saja ke tempat sampah.

1990

Madonna memakai kembali beha peluru dengan model yang lebih dramatis. Beha rancangan Jean Paul Gaultier ini kemudian dikenal dengan nama beha kerucut (cone bra).

1996-2016

Rumah mode Victoria’s Secret membuat Fantasy Bra. Beha ini dibuat dengan sangat mewah, bertabur ragam batu permata dengan berbagai model setiap tahunnya. Karena pemakaian bebatuan mulia tersebut, beha ini dibanderol dengan harga miliaran rupiah.

 


To Top