Olahraga

Siapa Penemu Tendangan Penalti?

7uplagi.com – Dalam pertandingan sepakbola, dikenal salah satu istilah yaitu tendangan penalti. Ini merupakan salah satu hukuman terhadap pemain yang melakukan pelanggaran di dalam kotak pertahanan timnya sendiri.

Penalti memberikan keuntungan bagi tim yang pemainnya dilanggar. Karena 90persen Tendangan dari  titik penalti selalu berbuah gol. Tentu menjadi kerugian bagi tim yang pemainnya melanggar.

Pecinta olahraga khususnya sepakbola pasti sudah paham bagaimana proses penalti berlangsung. Namun, tahukah Anda bagaimana tendangan penalti bisa menjadi bagian dalam sepakbola? dan siapa penemu ide tendangan penalti?

Asal mula tendangan penalti dicetuskan oleh William McCrum pada tahun 1890. Beliau merupakan salah satu dari pengurus Asosiasi Sepakbola Irlandia.

McCrum mengusulkan gagasan agar tendangan penalti diberlakukan sebagai bentuk hukuman pada pemain-pemain yang melakukan pelanggaran di area terlarang.

Gagasan tersebut mendapat respon yang sangat positif dari berbagai federasi-federasi sepakbola di dunia. Pada 1891, insan sepakbola di dunia akhirnya menyetujui diberlakukannya tendangan penalti dalam pertandingan.

 

Comments
To Top