Tax Amnesty, Anang Cerita Pengalaman Ditagih Pajak Rp 650juta

Bisnis

Tax Amnesty, Anang Cerita Pengalaman Ditagih Pajak Rp 650juta

Artis Bingung Bayar Pajak, Anang: Saya Kaget Ditagih Pajak Rp 650 Juta

7uplagi.com – Kurangnya pemahaman masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja seni alias artis terhadap sistem perpajakan membuatnya secara tidak sengaja lalai memenuhi kewajiban pajak. Artis sekaligus anggota DPR RI, Anang Hermansyah berbagi cerita tentang pengalamannya yang pernah ditagih pajak penghasilan dengan angka yang fantastis.

“Dulu saya nggak seperti sekarang, sudah artis, tapi siapa yang kenal Anang. Nah waktu itu saya nggak tahu bagaimana cara menghitung pajak, karena kan kita tahu pendapatan artis itu nggak menentu dan pencatatannya juga nggak seperti orang yang kerja kantoran. Nah, waktu itu aku kaget tiba-tiba ditagih pajak Rp 650 juta,” kata Anang dalam sosialisasi tax amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Memang, diakui Anang, profesi artis ini seringkali dianggap sebagai profesi yang tidak ada patokan pendapatan dan penghasilannya. Bagi kalangan artis sendiri kondisi tersebut seringkali menyulitkan mereka melakukan penghitungan penghasilan yang mereka terima.

Akibatnya, mereka juga tidak tahu bagaimana cara menghitung pajak yang harus mereka terima. Lantaran administrasi pajaknya tidak rapi, seringkali profesi artis ini terbebani oleh beban pajak atas penghasilan yang bisa jadi mereka sendiri tidak mengetahuinya.

“Padahal mereka merasa ketika mereka terima honor, sudah dipotong pajak kok dan sebagainya. Tapi ternyata ada saja yang terlewat dan tiba-tiba utang pajaknya bengkak,” sambung dia.

Kondisi ini yang seringkali membuat artis menghindari pajak selama ini. Dengan adanya program pengampunan pajak alias tax amnesty ini, para artis bisa mulai memperbaiki catatan perpajakannya tanpa perlu khawatir masalah pajaknya di masa lalu dipermasalahkan lagi.

“Teman-teman artis selama ini tidak punya niatan untuk tidak taat bayar pajak. Tapi karena tidak tahu, kurang pemahaman akhirnya tanpa sengaja dia kewajiban pajaknya, administrasi pajaknya tidak begitu rapi. Ini kesempatan untuk kita memulai profesi artis untuk taat pajaknya. Mulai dari nol lagi ya,” tandas dia.


To Top