Telkom gandeng Orange kembangkan startup

Bisnis

Telkom gandeng Orange kembangkan startup


Jakarta (7uplagi.com) – PT Telkom menggandeng perusahaan asal Prancis, Orange, untuk mengembangkan startup (pengusaha aplikasi maupun software pemula) yang telah dibuat oleh BUMN telekomunikasi tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Inovasi dan Portofolio Strategis Telkom Indra Utoyo seusai acara MoU Sofrecom dan Telkom di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, Orange memiliki program inkubator di Silicon Valley. Dengan adanya kerjasama dengan Telkom, maka startup Indonesia dapat dikirim ke Silicon Valley.

Presiden Direktur Telkom Metra Teguh Wahyono mengatakan, Orange memiliki program inkubator startup terbaik, berpengalaman dengan jaringan yang luas dan modal yang lebih besar di Silicon Valley.

Hal ini menjadi penting bagi pihaknya untuk bekerjasama dengan Orange. Orange dalam kerjasama tersebut dapat menyediakan praktek terbaik dalam membuat inkubator (pengembang) startup.

Selain itu, Telkom dan Orange juga dapat saling bertukar startup untuk saling memenuhi kebutuhannya. “Startup terbaik dari Telkom nanti akan dikirim ke Silicon Valley. Tujuannya membantu startup lokal going (menuju) global,” katanya.

Sementara itu, dia mengatakan, Telkom melalui anak usahanya Telkom Metra telah memiliki perusahaan permodalan untuk startup (venture capital), PT Metra Digital Investama (MDI).

Menurut Teguh Wahyono, perusahaan tersebut telah berdiri sejak tahun lalu dan disuntik dana sekitar 100 juta dolar AS. Tahun ini, menurut dia, akan mulai beroperasi.

Sebelumnya, Telkom juga telah bekerjasama dengan perusahaan di Silicon Valley, Plug and Play, untuk mengembangkan startup.

“Kita bahkan punya kantor di sana sebagai corporate member (perusahaan anggota), dengan begitu kita punya akses startup di seluruh Plug and Play itu,” kata Teguh.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016


To Top