Titik Panas Di Sumatera Turun Drastis

News

Titik Panas Di Sumatera Turun Drastis

Titik Panas Di Sumatera Turun Drastis

7uplagi.com -Titik Panas Di Sumatera Turun Drastis

Titik Panas Di Sumatera Turun Drastis

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan titik panas di Pulau Sumatera alami penurunan mencolok. Dari mulanya 154 titik, jadi tinggal 10 titik.

Diambil dari Pada, Jumat (14/9), BMKG memperbarui data titik panas, yang jadi tanda-tanda awal kebakaran hutan dan tempat pada pukul 06.00 WIB. BMKG menggunakan pencitraan Satelit Terra dan Aqua.

Propinsi Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang paling banyak dengan enam titik, lalu Riau tiga titik dan Lampung satu titik panas.
Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno, mengatakan semua titik panas berada di Riau. Bahkan juga ada dua yang merupakan titik api karena masuk tingkat keakuratan diatas 70 %.

Itu berarti, dua tempat di Pelawan benar berlangsung kebakaran tempat dan hutan.

Stasiun Klimatologi BMKG juga keluarkan peringatan untuk Pemprov Riau jika ada dua daerah yang begitu riskan berlangsung kebakaran hutan dan tempat atau Karhutla, karena alami hari tiada hujan cukuplah panjang.

Daerah yang lebih dari 10 hari tidak ada hujan beruntun diantaranya Kecamatan Rantau Kopar di Kabupaten Rokan Hilir saat 13 hari, dan Kecamatan Ukui di Kabupaten Pelalawan saat 24 hari.

BMKG memperakirakan keadaan cuaca di Riau saat pagi sampai siang hari akan cerah berawan. Kekuatan hujan mudah berbentuk lokal yang berlangsung di beberapa lokasi Kabupaten Rohul, Rohil, Meranti, Inhu dan Inhil.

Saat malam hari cuaca diprakirakan berawan dan ada kekuatan hujan mudah sampai sedang yang disertai dengan petir/angin kencang. Ini akan berlangsung di beberapa lokasi Rohul, Rohil, Kampar, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Siak dan Meranti.

Suhu hawa diprakirakan sampai 23 sampai 34 derajat Celcius, kelembaban hawa 50 sampai 96 %. Angin berembus dari Tenggara sampai Barat daya dengan kecepatan 09-27 Km/jam.

Komentar
To Top