Veneer Gigi Ngetren di Kalangan Artis, Apa Itu dan Berapa Harganya

Bisnis

Veneer Gigi Ngetren di Kalangan Artis, Apa Itu dan Berapa Harganya

Bila diperhatikan beberapa tahun belakangan tren penggunaan kawat gigi sudah menurun terutama di kalangan selebritis. Para pesohor tanah air lebih memilih untuk merapikan gigi mereka dengan teknik veneer. Sebut saja Momo GeishaDeddy CorbuzierTyas Mirasih, dan yang terbaru Agnez Mo. Jadi, apa sih yang membuat veneer gigi ini makin diminati?

Veneer gigi merupakan lapisan pelindung gigi yang dibuat secara kustom. Tujuan perawatan veneer ini adalah mempercantik penampilan. Dibandingkan dengan kawat gigi, pemasangan veneer terbilang lebih singkat dan tidak begitu merepotkan.

Sebetulnya veneer telah diciptakan sejak tahun 1928 oleh dokter gigi Charles Pincus. Awalnya tindakan medis ini dilakukan untuk keperluan syuting film saja. Namun pada tahun 2011, veneer jadi trending di Amerika Serikat lalu merambah Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

1. Jenis Gigi Yang Dapat Di-Veneer

Jenis gigi yang biasanya disarankan untuk mendapat perawatan veneer adalah gigi yang berwarna kusam, gigi rusak atau patah, gigi tidak rata, atau memiliki jarak yang terlalu renggang. Veneer ini terbuat dari lapisan tipis porselen yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi. Veneer ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun sebelum akhirnya rusak atau terkelupas atau diganti.

2. Prosedur Veneer

Bila pemasangan kawat gigi membutuhkan kunjungan dalam jumlah tertentu, maka untuk pemasangan veneer hanya dibutuhkan kira-kira tiga kali kunjungan. Yang pertama, dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi terlebih dahulu lalu baru dilakukan pengikisan enamel sekitar 0.5 mm untuk mempersiapkan tempat pemasangan veneer. Tindakan pengikisan ini berguna untuk mencegah veneer tampak menonjol. Setelah itu barulah dokter gigi membuat cetakan veneer dari bentuk gigi asli pasien dan baru akan dipasang 1-2 minggu berikutnya.

Macam veneer ada dua, yakni direct dan indirect veneer. Direct veneer merupakan pemasangan lapisan gigi dengan resin komposit yang bertahan lebih singkat dengan kisaran harga Rp 1,5 juta-Rp 3 juta. Sementara indirect veneer merupakan pemasangan yang dilakukan pada konsultasi berikutnya menggunakan lapisan porselen. Veneer dengan bahan porselen akan bertahan lebih lama, tidak mudah berubah warna, dan lebih mirip gigi asli.

3. Kelebihan dan Kekurangan Veneer Gigi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, veneer berguna untuk mempercantik penampilan. Secara tidak langsung, veneer dapat membantu mengembalikan warna gigi karena veneer dapat menghalangi paparan zat yang dapat mengubah warna gigi. Veneer juga dapat mengembalikan kerapatan antar gigi, memperbaiki gigi yang patah, menutupi pengikisan gigi, dan merapikan gigi yang tidak beraturan.

Veneer juga tak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan veneer adalah harga pemasangan yang mahal sekitar Rp 4 hingga Rp 10 juta untuk tiap gigi dengan bahan porselen. Gigi yang telah dipasangi veneer pun masih mungkin mengalami pembusukan dan tidak cocok bagi pasien yang menderita gigi busuk, gusi sakit, fraktur gigi, atau tambalan gigi besar. Karena gigi dikikis sebelum di-veneer, gigi pasien jadi lebih sensitif.

To Top