News

3 Kali Beraksi Ganjal Mesin ATM Sekretaris RT Depok Ditangkap

3 Kali Beraksi Ganjal Mesin ATM Sekretaris RT Depok Ditangkap

7uplagi.com – 3 Kali Beraksi Ganjal Mesin ATM Sekretaris RT Depok Ditangkap

3 Kali Beraksi Ganjal Mesin ATM Sekretaris RT Depok Ditangkap

 

Seseorang pelaku spesialis pengganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ditangkap polisi. Pelaku didapati adalah Darmawan warga Jalan Pabuaran, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Ia ikut didapati menjadi sekretaris RT.

Darmawan ditangkap untuk bertanggung jawab tindakannya. Dalam lakukan tindakan, ia tidak sendirian. Ia selalu bersama dengan temannya dan sama-sama share fungsi. Akan tetapi saat penangkapan, temannya berhasil melarikan diri.

Darmawan mengakui cuma bekerja memerhatikan situasi. Lalu temannya yang menempatkan alat di mulut mesin ATM.

“Jika saya cuma nunggu di luar, ngintip korban yang masukin nomer PIN selalu saya tulis,” kata Darmawan, Rabu (21/11).

Ia bersama dengan temannya telah berulang-kali membabat uang nasabah di ATM. Sasarannya adalah mesin ATM yang berada di SPBU.

“Dari 3 kali narik, saya dapet sisi Rp 12 juta,” akunya.

Darmawan mengakui belumlah lihai seperti temannya menempatkan alat di mesin. Hingga ia cuma bekerja melihat nasabah saat masukkan nomer PIN.

“Modusnya Darmawan nunggu di luar dan melihat PIN ATM korban. Lalu DF berpurapura menolong korban yang ATM-nya terlibat dan mengarahkan korban ke bank. Waktu korban pergi, mereka langsung mentransfer uang ke rekening masingmasing,” kata Kasubbag Humas Polresta Depok AKP Firdaus.

Di Depok, Darmawan dan temannya telah lakukan tindakan sekitar 3x. Keseluruhan uang yang digasak sampai Rp 61 juta. Uang tersebut telah digunakan untuk keperluan keseharian.

“Ini bekasnya tinggal Rp 1,3 juta. Yang lainnya telah dibelanjakan oleh pelaku,” katanya.

Umumnya, pelaku membidik hari libur. Sebab operator bank tidak selekasnya hadir. Saatnya juga biasa pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB.

“Jika hari biasa kan ada kerusakan dikit, pihak bank tentu langsung hadir. Makanya mereka membidik harihari itu,” katanya.

Pelaku juga terancam dijaring masalah 363 KUHP mengenai pencurian dengan pemberatan dengan intimidasi hukuman 5 tahun penjara. Waktu ini polisi masih menguber DF.

Comments
To Top