News

52 Kios Di Pasar Skouw Jayapura Hangus Terbakar

7uplagi.com – 52 Kios Di Pasar Skouw Jayapura Hangus Terbakar

52 Kios Di Pasar Skouw Jayapura Hangus Terbakar

Dua orang ditangkap berkaitan kebakaran di pasar perbatasan RI-PNG di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Api melahap pasar tersebut Minggu (28/10) pagi.

“Dua orang yang ditangkap itu yaitu Ny Y (pemilik kios) dan anaknya IPH,” kata Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Yahya Rumra pada Pada di Jayapura, Minggu petang.

Tidak hanya kedua-duanya, kata Yahya, polisi ikut mengamankan beberapa saksi untuk digali keterangannya.

Insiden kebakaran itu menghanguskan 52 kios di Pasar Skouw, pasar yang melayani keperluan inti warga Papua Nugini (PNG) yang mendatangi pasar tersebut menggunakan cocok lintas batas (PLB).

Kata polisi menurut beberapa saksi, api melahap bangunan pasar yang terbuat dari papan dan tripleks itu bermula saat warga membakar sampah di belakang rumah kosong yang ada di samping kios.

Seputar pukul 09.10 WIT saksi IPH lihat ada sampah yang dibakar di dekat kiosnya, dan saat lalu dia masuk ke dapur untuk memasak, akan tetapi tidak berapakah lama lalu api menyambar dapur tempat tinggalnya.

Kobaran api di dapur itu menyebabkan ledakan kompor dan tentang bensin yang ada di dapurnya sehingga kobaran api semakin jadi membesar.

“Api selalu jadi membesar dan tentang kios yang lain sehingga salah satunya saksi yaitu Robiyanto berbentuk menggedor dinding kios akan tetapi karena cemas tiada menyengaja menabrak jirigen berisi 35 liter bensin sampai membuat api makin jadi membesar,” kata Rumra.

Setelah itu, kata Rumra, api selalu jadi membesar dana menghanguskan kios-kios yang ada di lokasi tersebut.

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 12.45 WIT sesudah dua unit mobil pemadam kebakaran datang di tempat kebakaran.

Kerugian karena kebakaran 52 kios itu diperkirakan sampai sekitar Rp 1 miliar.

Comments
To Top