Hiburan

Alasan Tubuh Gemetar saat Cuaca Dingin?

7uplagi.com –

Setiap tubuh manusia memiliki batas suhu normal. Namun, jika udara melampaui batas normal itu, tubuh akan terasa dingin atau panas. Temperatur tubuh normalnya adalah 37 derajat Celsius.

Ketika temperatur udara lebih rendah dari 37 derajat Celsius, panas akan mengalir ke tubuh manusia. Sedangkan bila berada di luar ruangan dengan udara di bawah -29 derajat Celsius tanpa mengenakan pakaian tebal, tubuh akan membeku dan berakhir kematian dikarenakan tubuh kehilangan panas.

Menurut “1001 fakta sains” temperatur udara sedang (15-20 derajat Celsius) sangat dibutuhkan tubuh. Pasalnya, tubuh memproduksi panas berlebih dari yang dibutuhkan dan harus dilepaskan sebagian. Kondisi di mana temperatur udara sangat rendah menjadikan tubuh melepas terlalu banyak panas, sehingga temperatur tubuh turun. Hal ini disebut sebagai Hipotermia.

Penurunan panas tubuh antara 1-2 derajat Celsius mengakibatkan tubuh gemetar. Kondisi ini merupakan salah satu upaya tubuh untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Sedangkan penurunan yang lebih drastis akan mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.

Comments
To Top