Hiburan

Atta Halilintar Bocorkan Besarnya Penghasilan dari Youtube

Jakarta – Siapa tidak kenal dengan raja youtube ASEAN, Atta Halilintar. Pengikut atau subscriber saluran youtubenya terus bertambah, saat ini sudah mencapai 20,8 juta orang yang setia menantikan konten dari anak sulung keluarga Gen Halilintar ini.

Memiliki 20,8 juta pengikut atau subscriber, pertanyaan terbesarnya adalah berapa banyak uang yang ia hasilkan dari youtube?

Dalam acara Investime on Location, Atta Halilintar buka-bukaan kepada CNBC Indonesia. Beberapa waktu lalu, Purple Moon Promo merilis daftar youtuber terkaya dunia di mana Atta Halilintar masuk dalam 10 besar. Menurut hitungan situs tersebut, dengan jumlah subscriber yang dimiliki, Atta berpotensi mendapatkan uang hingga Rp 21 miliar dari akun youtubenya. Benarkah?

“Wah, itu gosip yang bahaya nih, saya dikejar-kejar pajak langsung gara-gara angka itu,” kata Atta sembari terkekeh, Sabtu (08/2/2020).

Atta menjelaskan, penghasilannya dari Youtube justru tidak seberapa dan tidak sampai 10% dari angka yang disebut-sebut oleh Purple Moon tersebut. Menurutnya, ini terjadi karena adSense Youtube di Indonesia berbeda dibanding negara lain.

“Gak sampai 10%, Indonesia gak ada yang sampai segitu nilainya. Aku sampai tunjukin ke pajak loh ini yang dibayar sama Amerika. Saya akan bayar sesuai yang masuk, kadang aku lebihin,” jelasnya.

Ia menjelaskan rata-rata hasil hitungan yang ada di situs-situs luar soal omzet para youtuber kerap keliru, karena kondisi di tiap negara berbeda dan yang dihitung oleh Youtube adalah berapa lama durasi orang yang menonton di saluran tersebut.

“Yang dihitung itu watch time, kalau konten 10 menit yang ditonton orang sampai 8 menit itu besar watch timenya. Kalau 1 menit ya kecil,” ujarnya.

Bisa jadi, lanjutnya, penghasilannya dari Youtube kini justru kalah dengan pendatang-pendatang baru yang punya konten lebih memikat penonton.

Sindikasi: cnbcindonesia.com

To Top