News

BPBD Jawa Tengah Kirim Kendaraan Serbaguna Ke Palu

BPBD Jawa Tengah Kirim Kendaraan Serbaguna Ke Palu

7uplagi.com – BPBD Jawa Tengah Kirim Kendaraan Serbaguna Ke Palu

BPBD Jawa Tengah Kirim Kendaraan Serbaguna Ke Palu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng kirim pertolongan 10 kendaraan serba untuk untuk menolong pemulihan keadaan Kota Palu, saat bencana tsunami. Pengiriman pertolongan di kirim bersama dengan relawan yang nanti bekerja angkut logistik.

“Menjadi type kendaraan serba untuk seperti mobil DU, mobil tangki, truk serba untuk, perlengkapan water treatment untuk pengendalian air, dan juga pendirian rumah darurat untuk 100 rumah di kirim bersama dengan relawan,” kata Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana saat diwawancarai di kantornya, Selasa (2/10).

Dia mengutarakan, pemberangkatan kendaraan serbaguna dikerjakan dari Semarang ke Surabaya melalui jalan darat tanggal 6 Oktober 2018. Sesampainya Surabaya relawan bersama dengan logistik melintas menggunakan kapal laut Egon pada tanggal 7 Oktober.

“Dari Semarang relawan bawa serta kendaraan serbaguna. Disitulah manfaat relawan kita perbantukan pengiriman logistik dari jalan darat sampai naik kapal Egon sampai di Makassar. Gunakan jalan laut, karena kue penerbangan terutamanya masih lumpuh,” katanya.

Sesampainya disana diinginkan relawan yang juga ikut masih pekerjaan membawa pertolongan logistik yang nantinya diperbantukan saat tujuh hari.

“Baju wanita, selimut, makanan bayi, minuman dan obat-obatan nanti dapat dibawa dan disumbangkan menjadi logistik pada warga sana. Termasuk juga sarana MCK,” katanya.

Dia memberikan saat sampai 10 Oktober nanti dikasih akses untuk operasionalkan mobil. Pertolongan dikasihkan merupakan hasil rapat lintas organisasi perangkat daerah(OPD) yang menyertakan Pelni, Danlanal, TNI, Polri, dan komune lainnya.

“Hingga beberapa langkah pertama yang akan dikerjakan adalah kirim seratus diwakilkan beberapa lembaga termasuk juga BPBD,” papar Sarwa.

Sarwa menuturkan untuk keberangkatan personil sendiri nantinya akan diletakkan saat tujuh hari untuk mengurangi beban masyarakat Palu yang terdampak bencana.

“Kita disana membuka dapur umum disana, juga kirim truk tangki untuk relawan bawa serta logistik seperti air bersih. Personil terbagi dalam unsur BPBD Kabupaten Kota, Dinsos, PMI, dan yang lain,” katanya.

Comments
To Top