News

Buang limbah Ke Pemukiman Pabrik Sabun Di Karawang Disegel Polisi

Buang limbah Ke Pemukiman Pabrik Sabun Di Karawang Disegel Polisi

7uplagi.com – Buang limbah Ke Pemukiman Pabrik Sabun Di Karawang Disegel Polisi

Buang limbah Ke Pemukiman Pabrik Sabun Di Karawang Disegel Polisi

Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyegel PT K2 Industries Indonesia di lokasi Kecamatan Klari, Karawang, Jawa Barat. Pabrik pembuat bahan baku sabun itu didapati buang sampah yang tidak di proses sesuai dengan ketetapan ke selokan warga.

“Pabrik ini disangka lakukan pembuangan sampah bahan sabun dengan cara langsung ke selokan warga, di Jalan Curug-Kosambi, Kecamatan Klari, Karawang,” kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, Selasa (20/11) seperti dikutip Pada.

Slamet mengutarakan, pihaknya sudah lakukan penyidikan pada pabrik pembuatan bahan baku sabun tersebut sesudah memperoleh laporan dari masyarakat.

Sesudah dikerjakan peninjauan ke lapangan, katanya, nyatanya benar jika pabrik tersebut buang langsung sampah cair hasil produksinya, tanpa pemrosesan terlebih dulu. “Sampah cair itu langsung dibuang ke lingkungan yang mengalir di aliran warga dan memunculkan berbau tidak enak,” tuturnya.

Dalam peninjauan ke pabrik itu, Kapolres temukan adanya pembuangan sampah cair tiada melalui instalasi pemrosesan air sampah. Pabrik tersebut didapati tidak mempunyai izin lingkungan.

“Hasil kontrol laboratorium bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang, air sampah yang mengalir ke alat lingkungan, hasil PH air sampah dibawah baku kualitas yaitu PH 5,7,” katanya.

Karena tindakannya, perusahaan pembuat bahan baku sabun tersebut dikenakan masalah 98, masalah 103, masalah 104 dan masalah 109 Undang Undang Nomer 32 tahun 2009 mengenai Perlindungan dan Pengendalian Lingkungan Hidup.

Comments
To Top