Nasional

Buronan Kasus Century Hartawan Aluwi Dibekuk di Singapura

[ad_1]

Penampakan Proses pemulangan Hartawan Aluwi terpidana kasus Bank Century menuju Jakarta oleh Tim Mabes Polri. Foto: 7uplagi.com

7uplagi.com – Tim Mabes Polri malam ini ini, Kamis (21/4/2016), sedang membawa Hartawan Aluwi terpidana kasus Bank Century menuju Jakarta. Hartawan Alwi berhasil ditangkap berkat kerjasama Polri dengan pihak kepolisian Singapura.

“Keberhasilan Polri membawa terpinan kasus century, berkat kejasama G to G (Governmen to Govenrmen) dengan Polisi singapura yang sudah terjalin sebelumnya,” kata Atase Kepolisian Kedutaan Besar Indonesia di Singapura, Kombes Hirbak Wahyu Setiawan yang memimpin proses pemulangan terpidana kasus Bank Century tersebut.

Saat ini, kata dia, Hartawan sedang proses pejalanan menuju Jakarta. Tampak Hartawan dikawal ketat AKBP Indra Lutrianto dan AKBP Jamaluddin turun dari pesawat di Bandara Soekarno Hatta.

Hartawan Alwi merupakan terpidana kasus Bank Century pada 2014 lalu. Ia divonis selama 14 tahun kurungan penjara, namun Hartawan belum sempat menjalani hukuman dengan melarikan diri ke Singapura. Dia bersembunyi dengan beragam identitas palsu selama dua tahun.

Hartawan Aluwi mulai terseret kasus korupsi Bank Century setelah membantu Robert Tantular. Rekening perusahaan PT Antaboga Deltasekuritas yang dipimpin oleh Hartawan telah beberapa kali dijadikan tempat penampungan setoran uang yang dikirim oleh Robert melalui rekening PT Magnum Consolidators.

Uang setoran yang masuk ke rekening Antaboga kemudian dibagi-bagikan ke beberapa rekening lain. Transaksi seperti ini terjadi hampir beberapa kali mulai dari transaksi pertama dengan nilai setoran mencapai 2,6 miliar, traksaksi kedua senilai 2 miliar dan transaksi ketiga mencapai 3 miliar.

Tidak hanya menerima setoran, rekening Antaboga juga pernah berfungsi sebaliknya di mana rekening tersebut menyetor ke rekening Magnum sebesar 4 miliar yang kembali nantinya akan dibagikan ke rekening lain.

[ad_2]

Comments
To Top