Hiburan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Menyusui

7uplagi.com – Meski banyak wanita gampang menurunkan berat badan secara alami setelah melahirkan karena aktivitas menyusui, namun tak jarang beberapa wanita masih kesulitan menurunkan berat badan setelah menyusui.

Tentu saja jangan membandingkan diri dengan artis-artis yang bisa punya tubuh bagus lagi setelah melahirkan. Dokter mungkin menyarankan diet yang berbeda dan menghitung seberapa banyak body indeks yang kamu butuhkan.

Terkadang membutuhkan waktu hingga 18 bulan untuk bisa kembali ke berat badan semula setelah melahirkan, tapi seringkali bentuk tubuh sudah berbeda setelah melahirkan, seperti melarnya perut dan pinggul yang lebih besar.

Hindari Diet Ketat

Menurut FamilyDoctor.org, proses penurunan berat badan untuk ibu setelah menyusui sebaiknya tidak lebih dari 1 kg selama seminggu. Program penurunan berat badan bisa dimulai dengan cara mengurangi asupan kalori dan olahraga. Jangan mencoba diet ketat atau ekstrem seperti menghindari karbohidrat atau diet jus karena diet semacam ini bisa menyebabkan tubuh kehilangan masa otot.

Atur Pola Makan sehat

Ditambah lagi, jika kamu belum pulih benar setelah melahirkan, diet ekstrem justru akan memperlama proses penyembuhan. Coba mulai dengan makan sehat. Sayur dan buah adalah menu utama. Memperbanyak minum air juga membantu membuat tubuh kenyang lebih lama sekaligus membantu proses pembakaran kalori.

Olahraga

Semakin rajin olahraga, semakin banyak kalori yang dibakar, sehingga mempercepat penurunan berat badan. Kamu tak perlu pergi ke gym untuk olahraga, karena pasti kamu sibuk mengurus anak di rumah. Cara mudah olahraga di rumah adalah dengan mencuci baju, mencuci piring,bersih-bersih rumah, menaiki tangga, berkebun hingga menguras kamar mandi. Lakukan olahraga ringan angkat beban juga untuk mengencangkan otot.

Jadi cantik kembali setelah menyusui memang penuh tantangan, apalagi dengan tugas ibu rumah tangga yang tidak main-main. Tapi selalu ada jalan untuk bisa mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan. Tinggal bagaimana kamu mengatasinya saja.

Comments
To Top