Otomotif

Ferrari Spider Scaglietti Jadi Mobil Termahal di Dunia

7uplagi.com – Ferrari klasik ini merupakan mobil termahal Kuda Jingkrak yang pernah laku di ajang lelang. Betapa tidak, model 335S Spider Scaglietti tersebut laku dengan harga 28 juta euro atau sekira Rp425 miliar di ajang lelang Artcurial, Paris, Prancis. Ditambah dengan pajak dan biaya lainnya, pemilik barunya harus menyiapkan dana total 32 juta euro atau sekira Rp487 miliar.

Mobil yang memiliki kecepatan maksimum 297 kilometer (km) per jam itu diproduksi pada 1957.

Di antara prestasi mobil ini adalah menduduki posisi kedua di ajang Mille Miglia dan menjadi mobil pertama yang mampu meraih kecepatan rata-rata 200 km/jam di sirkuit Le Mans.

Dalam catatan perjalanannya, mobil 335S Spider Scaglietti dibeli oleh seorang kolektor mobil klasik asal Prancis yang juga pembalap Pierre Bardinon pada 1970. Bardinon meninggal dunia pada 2012 dan keluargaya memutuskan untuk melelang mobil tersebut. Keluarga Bardinon masih menjadi pemilik sah mobil tersebut sampai lelang digelar. Namun, identitas pemenang lelang tidak disebutkan. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail.

Seorang ahli mobil klasik Ferrari Marcel Massini mengatakan, 335S Spider Scaglietti termasuk mobil papan atas di ajang lelang.

Penawaran dengan cepat mencapai angka 25 juta euro dan palu diketuk untuk penawar yang berani membayarnya dengan harga 28 juta euro. Ditambah dengan pajak dan biaya lainnya, harga mobil tersebut membengkak menjadi 32 juta euro atau 24,6 juta poundsterling atau sekira Rp487 miliar.

Comments
To Top