Hiburan

Film "Panama Papers" tengah dibuat

[ad_1]

Jakarta (7uplagi.com) – Film tentang skandal pembocoran belasan juta dokumen dalam “Panama Papers” tengah ditawarkan kepada Hollywood dan rencananya mengadaptasi dari sebuah buku mengenai skandal ini yang juga akan segera terbit.

“Secrecy World” yang ditulis wartawan peraih Hadiah Pulitzer Jake Bernstein akan ditayangkan segera pertengahan tahun 2017. Menurut Guardian, berbagai rumah produksi dan para produser tengah antre berlomba mendapatkan hak membuat film dari buku itu.

Bagian non fiksi dari film itu akan menceritakan cerita di balik jutaan dokumen bocor yang berdampak pada banyak tokoh berpengaruh dunia termasuk Perdana Menteri Inggris David Cameron dan aktor Jackie Chan karena tersingkap menggunakan perusahaan-perusahaan penghindar pajak di luar negeri.

Ini adalah langkah logis dari Hollywood menyusul sukses film nominasi Oscar karya Adam McKay, “The Big Short”, yang mengisahkan peran pasar perumahan dalam krisis keuangan 2007/2008.

Memang, film-film dengan topiknya terfokus menyingkapkan kerahasiaan dan elite menjadi buruan berbagai rumah produksi sampai kemudian film “Spotlight” mendapat Oscar untuk Film Terbaik. Film ini mengisahkan para wartawan yang mengungkapkan upaya Gereja Katolik menutupi pelecehan terhadap anak yang dilakukan secara sistemik di daerah Boston.

Film berikutnya dari sutradara Oliver Stone, “Snowden” yang dibintangi Joseph Gordon-Levitt sebagai Edward Snowden yang adalah bekas kontraktor NSA yang berubah menjadi whistleblower. Film ini dimundurkan pemunculannya menjadi 16 September agar bisa masuk penghargaan film, demikian laman The Independent, Inggris.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Ikuti berita dalam topik #

[ad_2]

Comments
To Top