Hiburan

Glow Up Challenge Ajak Netizen Unggah Foto Jadul dengan Sekarang

Glow Up Challenge menjadi salah satu tantangan yang viral di media sosial. Tantangan ini menampilkan mereka yang sukses mengubah penampilan mulai dari lebih langsing hingga putih. Seperti apa?

Glow Up Challenge di Instagram sudah diramaikan lebih dari 197 ribu unggahan. Sementara di TikTok Glow Up Challenge ini memiliki lebih banyak lagi peserta. Berbagai video yang diunggah dengan hashtag #glowupchallenge di TikTok sudah ditonton lebih 2,5 miliar kali.

Apa itu Glow Up Challenge?

Kamus Urban Dictionary mendefinisikan glow up sebagai berikut: A Glow Up is a mental, physical, and an emotional transformation for the better. Glow Ups can be both natural or planned. As well as being gradual and permanent, or fast and temporary.

Berdasarkan definisi tersebut glow up artinya sebuah transformasi mental, fisik dan emosional untuk menjadi lebih baik. Glow up bisa terjadi karena direncanakan atau secara alami. Begitu pula proses glow up bisa dilakukan secara bertahap, cepat, sementara atau bahkan bertahan selamanya.

TikTok sendiri mendefinisikan Glow Up Challenge dengan mengajak pengguna media sosial tersebut mengunggah perbedaan foto zaman dulu alias jadul dengan foto sekarang.

“Ikutan #GlowUpChallenge! Caranya gampang banget: – cukup bikin video dengan foto atau penampilan jadulmu, lalu buat transisi dengan video atau foto tentang penampilanmu sekarang. Apa ada perbedaannya? – Jangan lupa untuk pakai hashtag #GlowUpChallenge di caption videomu ya :),” demikian ajakan mengikuti tantangan Glow Up Challenge.

Melihat ramainya mereka yang ikut Glow Up Challenge, pada liputan khusus kali ini Wolipop akan mengangkat berbagai kisah menarik mereka yang berhasil glow up. Ada kisah wanita yang glow up setelah diselingkuhi kekasihnya karena gemuk hingga ada kisah selebgram Nur Aini atau yang populer sebagai Cimoy Montok.

Dampak Positif dan Negatif Glow Up Challenge

Cimoy Montok mengaku merasakan hal positif setelah glow up. “Sebenarnya kalau kita lebih cantik, bisa lebih dihargai oleh orang lain,” katanya.

Lain lagi yang dialami Vindhy Dian Indah Pratika yang viral di TikTok karena berhasil glow up setelah menurunkan berat badannya dari 117 kg menjadi 70 kg. Setelah glow up, pastinya dia merasa hidupnya lebih sehat dibandingkan dulu ketika mengalami obesitas hingga bertahun-tahun tak datang bulan.

Psikolog Meity Arianty STP. M. Psi mengatakan tren glow up challenge ini memiliki dampak positif untuk mereka yang mengikutinya asalkan dilakukan sesuai kemampuan. “Lebih banyak dampak positif asal dilakukan secara sehat artinya tidak memaksakan sesuatu yang di luar kemampuannya,” ujar Meity kepada Wolipop.

Sedangkan dampak negatif dari wanita yang berambisi glow up, Mei menuturkan ketika seorang wanita memaksakan diri untuk membeli kosmetik atau skincare yang harganya selangit.

“Karena terlalu ingin cantik, namun nggak bisa beli kosmetik yang mahal, malah memaksakan dirinya sehingga mengorbankan kebutuhan lain demi membeli kosmetik. Jadi nggak sehat pemikirannya,” ujarnya.

Bagi kamu yang sudah mencoba glow up, akan tetapi belum berhasil, Mei memberikan pesannya untuk kamu. “Hargai dirimu dengan mencintai dirimu sendiri, karena hanya kamu yang dapat melakukannya. Lakukan segala sesuatu yang terbaik buat dirimu misal cantik, seksi, glow up dan sehat. Bukan karena orang lain atau mengharapkan pengakuan orang lain namun lakukan karena kamu menginginkannya dan kamu melakukannya buat dirimu sendiri,” pungkasnya.

To Top