Nasional

Heboh Kerusuhan Tolikara, Kepala BPBD Berkilah Salah Info

[ad_1]

Dok: Situasi di Tolikara Papua. Foto: Antara

7uplagi.com – Kepala BPBD Kabupaten Tolikara Feri Kogoya berkilah mendapat informasi bohong tentang kerusuhan yang mengakibatkan satu tewas dan 32 orang luka-luka di Kabupaten Tolikara, Papua, dari anak buahnya. 

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjelaskan saat diklarifikasi Feri mengaku mendapat informasi yang kurang akurat dari bawahannya serta masyarakat terkait adanya kerusuhan di Tolikara. Saat itu, lanjut dia, Feri baru tiba dari Jakarta dan langsung mendapat informasi adanya kerusuhan di Tolikara.

“Apa yang dimaksud dengan perang dan sebagainya itu, informasi itu muncul dari BPBD baru pulang dari Jakarta, sampai Jayapura dapat laporan dari masyarakat bahwa di sana kejadian sebagaimana dilansir oleh teman-teman media,” kata Paulus, ketika ditemui di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (25/04/2016).

Paulus mengakui sebelum adanya isu kerusuhan di Tolikara, ada sebuah kasus kematian seorang warga setempat. Namun, lanjut dia, kasus itu dapat diatasi oleh jajaran Polres setempat dan tidak menimbulkan huru-hara ditengah masyarakat.

“Benar memang ada kasus meninggalnya sesorang sekitar tanggal 16 April. Kemudian sudah hampir ada salah paham di antara mereka, tapi Kapolres tiba ditempat dan melakukan upaya cepat dengan Muspida terkait. Dan bisa ditangani sehingga tidak berkembang persoalannya,” beber Paulus. 

“Sampai tadi pagi, kami coba klarifikasi dengan kapolres dan pihak sekda kabupaten memang tidak ada kejadian,” tandas jenderal polisi bintang dua itu lagi. 

[ad_2]

Comments
To Top