Hiburan

Kalau Dijual, Piala Oscar Ternyata Cuma Laku Rp 130 Ribu

[ad_1]

7uplagi.com, Jakarta Memenangkan Piala Oscar, bisa dibilang sebuah pencapaian tertinggi bagi mereka yang bekerja di industri sinema. Tapi katakanlah Meryl Street dan Jack Nicholson yang saat ini memegang tiga Piala Oscar, merasa bosan dengan koleksinya ini dan ingin menjualnya. Kira-kira, berapa harga piala berbentuk ksatria berpedang ini?

Piala Oscar. (dok. New Yorker)

Dilansir dari Los Angeles Times, Kamis (25/2/2016), piala ini hanya laku US$ 10 atau sekitar Rp 130 ribu. Itu pun, tak bisa dijual ke sembarang pihak. Piala Oscar, hanya bisa dijual kembali ke pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences sebagai penyelenggara Academy Awards.

Bila para pemilik Oscar ini ketahuan menjual pada orang lain, mereka harus siap-siap berhadapan dengan para pengacara Academy. Kebijakan ini, tentu ada alasannya.

“Piala Oscar tidak boleh menjadi barang yang bisa diperjualbelikan,” ujar pengacara Academy Awards, John B. Quinn. Ia menyebutkan bahwa Academy berkepentingan untuk mencegah turunnya nilai penting dari piala ini.

Quinn juga menambahkan, bahwa pihak Academy akan secara aktif memburu orang-orang yang berniat menjual Oscar. Ini, menjadi bagian dari strategi Academy untuk melindungi hak cipta dan hak paten Oscar.

Miniatur patung piala Oscar ditampilkan untuk dijual di toko di sepanjang Hollywood Boulevard sebagai persiapan 88 Academy Awards di Hollywood, California (24/2). Piala Oscar akan digelar pada 28 Februari 2016. (REUTERS/Mike Blake)

Kebijakan ini, ternyata menerbitkan kritikan dari publik. Pasalnya, penerapannya dinilai dilakukan dengan tangan besi. Misalnya saja, pihak Academy pernah menutup tempat penyewaan patung Oscar imitasi setinggi 2,5 meter yang biasa digunakan untuk pesta. Mereka juga menuntut chocolatier yang membuat cokelat dengan desain patung tersebut, dan memaksa pemilik situs Oscarwatch.com untuk mengganti nama domain. (Rtn)

 

 

 

[ad_2]

Comments
To Top