Nasional

Kota Padang Kembali Normal Pasca-Kepanikan Gempa Mentawai

[ad_1]

Kepanikan warga Kota Padang saat terjadi Gempa Mentawai 7,8 SR Rabu (2/3) malam. Foto: Antara

7uplagi.com – Kondisi Kota Padang sudah kembali normal dan masyarakat telah beraktivitas seperti biasa pasca-kepanikan warga akibat gempa 7,8 SR yang mengguncang kawasan Mentawai dan wilayah Pulau Sumatera kemarin malam.

“Kota Padang sudah kembali normal. Sementara di daerah Sipora dan Sikakap, Kepulauan Mentawai sudah dapat dihubungi melalui ponsel dan kondisi masyarakat sudah berangsur normal dan komunikasi juga sudah normal,” kata Sutopo dalam konferensi pers “Update Gempa 7,8 SR dan Tsunami di Mentawai” di kantor BNBP, Jakarta, Kamis. 

Menurut Sutopo, sebagian besar kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam kondisi aman seperti di Kecamatan Sikakap, Siberut Selatan, Siberut Utara, dan Siberut Barat.

Sutopo mengatakan kondisi kepanikan pada Rabu (2/3) malam disebabkan masyarakat lebih memilih evakuasi ke daerah perbukitan daripada memanfaatkan shelter vertikal yang telah disediakan. Sampai saat ini tidak ada kerusakan maupun korban jiwa dan sebagian besar masyarakat telah kembali ke rumahnya masing-masing.

“Tim reaksi cepat BNPB juga sudah berada di Kepulauan Mentawai bersama dengan Kepala BNPB (Willem Rampangilei) atas perintah Presiden Joko Widodo,” tandas Sutopo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kepala BNPB Willem Rampangilei untuk turun ke lokasi bencana gempa Mentawai, Sumatera Barat. Presiden telah menginstruksikan Kepala BNPB untuk segera turun ke lapangan, melakukan langkah-langkah penanganan dampak gempa yang terjadi.

Presiden Jokowi juga terus memantau perkembangan dampak gempa di area 682 kilometer dari barat daya Kepulauan Mentawai pada Rabu (2/3) malam yang berpotensi tsunami.

[ad_2]

Comments
To Top