News

KPK Menghimbau Izil Azhar Untuk Segera Serahkan Diri

KPK Menghimbau Izil Azhar Untuk Segera Serahkan Diri

7uplagi.com – KPK Menghimbau Izil Azhar Untuk Segera Serahkan Diri

KPK Menghimbau Izil Azhar Untuk Segera Serahkan Diri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengultimatum Izil Azhar, sebagai orang keyakinan Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf selekasnya menyerahkan diri. Izil Azhar dijaring menjadi terduga penerimaan gratifikasi project Dermaga Sabang, Aceh.

“KPK kembali menyarankan Izil Azhar yang sudah jadi terduga dalam masalah pendapat penerimaan gratifikasi bersama dengan Irwandi Yusuf untuk kooperatif dan menyerahkan diri,” tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat di konfirmasi, Kamis (22/11).

Febri mengatakan, pihak instansi antirasuah akan menghormati bila Izil Azhar kooperatif pada proses hukum. Setidaknya, dengan menyerahkan diri, Izil Azhar dapat memberi klarifikasi pada KPK.

Dalam masalah ini, Izil Azhar dan Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf disangka terima gratifikasi sebesar Rp 32 Miliar. Gratifikasi itu terkait dengan penerapan pembangunan Dermaga Sabang tahun biaya 2006-2011.

Tidak hanya gratifikasi, Irwandi ikut dijaring menjadi terduga suap. KPK mengambil keputusan Irwandi dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri sudah terima suap dari Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Irwandi melalui Hendri dan Syaiful disangka terima suap Rp 500 juta dari keseluruhan fee yang dijanjikan sebesar Rp 1,5 miliar. Uang tersebut disangka akan digunakan untuk beli medali dan baju atlet dalam arena Aceh International Marathon 2018.

Pendapat tersebut diperkokoh oleh mode Fenny Steffy Burase. Steffy yang merupakan tenaga pakar dalam arena tersebut mengatakan jika saluran dana suap tersebut ada, akan tetapi dirinya mengakui tidak tahu asal mula dana tersebut. Steffy ikut membetulkan pengeluaran untuk beli medali sejumlah Rp 500 juta.

Comments
To Top