Dunia

Makna Kemenangan Sadiq Khan Bagi Muslim Inggris

7uplagi.com – Terpilihnya seorang Sadiq Khan yang merupakan Muslim pertama sebagai seorang wali kota baru London, Inggris adalah sebuah momen dan peristiwa yang sangat bersejarah.

Kemenangan Khan menunjukkan kepada dunia bahwa London, Inggris adalah kota yang penuh dengan suara-suara toleransi dan rasa hormat.

Kendati sejumlah pemimpin dunia seperti wali kota New York, Gubernur Jakarta, dan sejumlah politisi telah memberikan komentar dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Saddiq Khan, kita perlu mengetahui apa makna kemenangan Khan bagi Muslim di London.

Sebagaimana dilansir dari The Guardian, Minggu (8/5/2016), berikut ini adalah beberapa komentar dan respons masyarakat London atas terpilihnya Sadiq Khan sebagai Wali Kota:

Salah Tariq yang berasal dari Nottingham mengatakan, kemenangan Khan bukanlah karena dia adalah seorang Muslim, tapi karena kebijakannya selama ini sangat memihak kepada rakyat. Menurutnya, apa agama Khan bukanlah satu hal yang penting. Ini adalah tentang kebijakan dan politik, bukan tentang agama dan kepercayaan.

Warga Muslim London lainnya, Naveed Akhtar berharap terpilihnya Khan dapat menegaskan bahwa Muslim tidak berbeda dengan penganut agama lainnya. Selama ini dunia telah terpolarisasi dan Muslim menjadi komunitas yang marginal. Karena itu, Naveed berharap terpilihnya Khan dapat menjadikan Muslim dipandang setara dengan umat lainnya.

Sementara itu, Dawood Gustave berharap Sadiq Khan tidak membeda-bedakan orang berdasarkan kelompok, ras, dan agamanya. Dawood menginginkan Sadiq Khan menjadi wali kota bagi semua komunitas dan warga London tanpa melihat perbedaan agama, ras, dan suku. Terlebih lagi, London adalah mercusuar harapan dunia.

Comments
To Top