Nasional

Mendagri Mengingatkan Camat Soal Ancaman Terorisme di Daerah

Mendagri Mengingatkan Camat Soal Ancaman Terorisme di Daerah
Mendagri Mengingatkan Camat Soal Ancaman Terorisme di Daerah

7uplagi.com – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperingatkan pada beberapa camat di beberapa daerah jika rintangan bangsa sekarang ini yang ditemui makin komplek.

“Yang perlu diamati ialah masalah radikalisme terorisme. Ini intimidasi, sesudah 74 tahun kita merdeka, masalah radikalisme serta terorisme,” tutur Tjahjo dalam Rakornas Camat di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Rabu 20 Maret 2019.

Karena itu, memerlukan pemantauan serta deteksi awal pada gerakan radikalisme yang berada di tingkat desa, kelurahan, serta kecamatan.

“Deteksi awal mesti selalu diawasi, berapakah masyarakat di satu desa, satu kelurahan. Berapakah jumlahnya kartu keluarganya, satu RT, satu RW, mesti didata dengan detil, ini rintangan sangat berat,” katanya.

Ia minta, tidaklah sampai seperti peristiwa tindakan teror di Kota Sibolga, Sumatera Utara, tidak terkontrol dengan baik oleh piranti desa ditempat.

Begitupun, tindakan teror satu keluarga di Surabaya, Jawa Timur, yang lakukan tindakan pengeboman di gereja, tiada didapati gerak geriknya oleh penduduk ditempat.

“Saya duga, butuh diamati pun beberapa fungsi lingkungannya, siskamlingnya, deteksi dininya, selalu dikomunikasikan dengan baik dengan deretan Polsek serta Koramil yang ada. Termasuk juga, bangun komunikasi intens dengan tokoh penduduk, tokoh kebiasaan,” katanya.

Comments
To Top