Olahraga

Mengapa Bermain Sepakbola Selama 90 Menit?

7uplagi.com –

SEBAGAI salah satu permainan paling digandrungi di dunia, sepakbola menjadi olahraga favorit di beberapa negara termasuk Indonesia. Namun, mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui alasan mengapa dalam setiap pertandingan si kulit bundar hanya berlangsung 90 menit saja di waktu normal.

Sepakbola sudah ada sejak lama. Bahkan pada masa zaman Yunani kuno, beberapa permainan yang melibatkan bola dengan kaki sudah dilakukan. Namun peraturan yang dibuat untuk sepakbola pada zaman tersebut belum sama sekali terpikirkan.

Cikal bakal peraturan sepakbola dibentuk oleh salah satu universitas di Inggris. Buku berisi segudang peraturan tersebut dibuat pada awal 1860 oleh salah satu universitas di Cambridge. Lalu beberapa tahun kemudian salah satu universitas di Sheffield melakukan sedikit koreksi.

 

Koreksi yang dilakukan pada saat itu adalah mengenai lamanya durasi bertanding. Dalam peraturan yang dimodifikasi di Sheffield, sepakbola dimainkan dalam waktu dua jam per babak, dengan total satu pertandingan adalah selama empat jam. Selain itu tiap tim harus memiliki 20 pemain di lapangan.

Lalu pada 1868 badan Federasi Sepakbola Inggris atau biasa dikenal dengan nama FA, mengubah kembali peraturan yang telah dibuat tersebut. Dari total empat jam permainan, FA memangkasnya menjadi 90 menit saja.

Lalu total pemain juga ditetapkan menjadi hanya 11 pemain saja yang berada di lapangan untuk masing-masing tim. FA juga menambahkan peraturan baru yakni babak perpanjangan waktu dua kali 15 menit.

 

Tujuan dari perubahan yang dilakukan oleh FA tidak lain dan tidak bukan untuk membuat permainan sepakbola menjadi lebih menarik perhatian penonton. Dapat dibayangkan betapa bosannya jika penonton disuguhkan pertandingan empat jam non-stop.

Selain untuk membuat permainan jauh lebih menarik, peraturan yang dibuat oleh FA tersebut digunakan untuk menghindari potensi cedera dan kelelahan pemain di tiap pertandingan. Bertanding selama 90 menit saja terkadang banyak pemain yang terkapar, apalagi empat jam.

Peraturan yang dibentuk di Sheffield tersebut menjadi cikal bakal peraturan yang digunakan oleh sepakbola. Sementara peraturan yang direvisi oleh FA, hingga kini digunakan oleh banyak liga di setiap pertandingan.

Comments
To Top