Nasional

Mensos tinjau zona merah erupsi Sinabung

[ad_1]

Karo, Sumut (7uplagi.com) – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meninjau zona merah erupsi Gunung Sinabung di Desa Gamber Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Senin, yang menjadi lokasi tewasnya tujuh warga.

Dalam peninjauan itu, Mensos didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Karo AKBP Pangasian Sitio, dan Dandim 0205/Karo Letkol Inf Agustatius Sitepu.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos Khofifah Indar Parawansa hanya meninjau dari luar pos pengamanan yang telah disiapkan Satgas Penanganan Erupsi Gunung Sinabung.

Meski Gunung Sinabung tidak menunjukkan aktivitas, tetapi area yang berada di sekitar radius 5 km itu dipenuhi abu vulkanik yang berterbangan, dan semakin pekat jika dilintasi kendaraan.

Usai peninjauan, Mensos mengatakan, masyarakat diharapkan dapat mematuhi larangan pemerintah agar tidak memasuki area yang dikategorikan zona merah.

Dengan aktivitas Gunung Sinabung yang sulit diprediksi, kepatuhan terhadap larangan memasuki zona merah tersebut sangat diperlukan demi keselamatan jiwa masyarakat.

Pihaknya menyadari jika masyarakat Kabupaten Karo memiliki kultur agraris dengan bercocok tanam sehingga hampir semua aset berada di lokasi zona merah.

Namun masyarakat juga perlu mementingkan keselamatan jiwa sehingga harus mematuhi peringatan pemerintah dan Satgas Penanganan Erupsi Gunung Sinabung.

Selain meningkatkan sosialisasi mengenai tingkat keamanan, pihaknya juga mengharapkan Pemkab Karo untuk membangun komunikasi dengan masyarakat guna memberitahukan kondisi yang ada.

“Jika aman, warga bisa memetik hasil tanamannya,” katanya.

Sebagai program jangka panjang, ujar Mensos, pemerintah akan mempersiapkan “early warning system” guna mengetahui perkembangan aktivitas Gunung Sinabung.

Ketika ada tanda-tanda aktivitas vulkanologi, masyarakat bisa mengikuti prosedur evakuasi seperti yang disosialisasikan Satgas Penanganan Erupsi Gunung Sinabung.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

[ad_2]

Comments
To Top