News

Pemkot Denpasar Meraih Penghargaan Tata Kelola

7uplagi.com – Pemkot Denpasar Meraih Penghargaan Tata Kelola

Pemkot Denpasar Meraih Penghargaan Tata Kelola

IIPG (Indonesian Institute for Public Governance) kembali menggelar Anugerah Pandu Negeri. Pemkot Denpasar jadi pemerintah daerah terbaik karena dinilai konsen pada tata kelola pemerintahan melalui beberapa pengembangan.

Awal mulanya pada Tahun 2017 Kota Denpasar ikut dinobatkan menjadi pemerintah daerah dengan kapasitas dan tata kelola baik.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Dewan Penasehat IIPG, Boediono pada Sekda Kota Denpasar Rai Iswara yang mewakili wali kota.

Ketua IIPG Sigit Pramono mengatakan Anugerah Pandu Negeri merupakan arena pemberian penghargaan tahunan untuk pemerintah propinsi, kabupaten dan kota di Indonesia yang mempunyai kapasitas dan tata kelola terbaik, serta pemimpin inovatif.

“Penilaian dikerjakan pada 548 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 34 propinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi, dengan persyaratan Segi Performance, yang mencakup Perkembangan Ekonomi, Peningkatan Manusia, dan Breakthrough Result (Transformative and Innovative),” kata Sigit, Minggu (28/10).

Sesaat itu Rai Iswara mengatakan penghargaan ini jadi prestasi kesekian kalinya yang dicapai Pemkot Denpasar dalam bidang tata kelola pemerintahan.

“Penghargaan ini jadi cambuk buat Pemkot Denpasar dalam lakukan pembenahan mengawasi pemerintahan yang bersih dengan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan keinginan masyarakat dan ikut Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra serta Wakil Walikota I GN Jaya Negara,” katanya.

Saat lima tahun paling akhir, sambungnya, Denpasar mencapai capaian Indek Pembangunan Manusia 83,01 % yang selalu bertambah dan selalu paling tinggi di Propinsi Bali.

“Konsentrasi penting dalam pembangunan kedepan adalah penguatan jati diri masyarakat Kota Denpasar berdasarkan kebudayaan Bali, pemberdayaan masyarakat Kota Denpasar berdasarkan kearifan lokal seperti penguatan Subak, Denpasar Smart City, penambahan service publik melalui tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasar pada penegakan supremasi hukum dengan adanya service publik satu pintu,” jelasnya.

“Rintangan nantinya adalah tingkatkan kerja sama yang telah berjalan begitu baik saat ini, tentu saja untuk sampai Sustainable Development atau pembangunan yang berkepanjangan,” papar Rai Iswara yang ada didampingi Asisten Administrasi Umum IGN Eddy Mulya, Kabag Organisasi Setda Kota Denpasar I.B Alit Adhi Merta dan unsur OPD berkaitan.

Comments
To Top