Nasional

Presiden RI Memiliki Rencana Besar untuk Karawang

Presiden RI Memiliki Rencana Besar untuk Karawang
Presiden RI Memiliki Rencana Besar untuk Karawang

7uplagi.com – Capres nomer urut 01, Joko Widodo mengawali serangkaian kampanyenya di lokasi Karawang, Jawa Barat, Selasa 9 April 2019. Dalam kampanyenya, Jokowi mamaparkan beberapa program yang sudah, tengah, serta akan diselesaikan di lokasi Karawang.

Ketua Team Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir menjelaskan, Jokowi semenjak awal pemerintahannya miliki perhatian besar pada Karawang. Karena, Karawang mempunyai peranan yang begitu sentra menjadi akses serta pusat perekonomian baru di luar Jakarta.

“Pak Jokowi sudah mengawali beberapa pembangunan proyek strategis nasional di Karawang, seperti KCJB (Kereta Cepat Jakarta-Bandung), Tol Jatiasih-Sadang serta Tol Layang Jakarta-Cikampek. Semua proyek ini, akan berefek positif pada perekonomian Kabupaten Karawang,” tutur Erick, melalui info tertulisnya.

Selama 2018, kata Erick, investasi yang masuk dalam proyek-proyek yang menyambungkan Karawang itu, sampai Rp14,8 triliun serta dapat menyerap seputar 10.500 tenaga kerja.

Menurut dia, konektivitas darat mendukung Karawang menjadi kota industri yang diapit beberapa kota besar seperti, DKI Jakarta serta Bandung. Tidak cuma itu, dengan kereta cepat, jadi konektivitas langsung akan terbentuk pada Jakarta serta Kerawang, yang cuma terpaut waktu tempuh hitungan menit.

“Akan akan delapan kereta direct Halim-Karawang,” kata Erick.

Dengan konektivitas itu, dia memandang, Karawang akan tumbuh menjadi pusat ekonomi baru dengan ide Transit Oriented Development (TOD). Ini seperti lokasi usaha berkualitas internasional yang diperlengkapi pusat penelitian serta peningkatan, dan lokasi pendidikan.

Lantas, dia memberikan, akses jalan tol tingkatkan keringanan serta efisiensi waktu perjalanan yang akan berefek positif pada kegiatan orang, dan logistik barang serta layanan. Semua perancangan infrastruktur nomer satu itu, akan diperlengkapi dengan pembangunan manusia Karawang, menjadi lokasi bersumberdaya manusia maju.

“Ke depan, kita akan selalu konsentrasi pada pembangunan manusia, diawali dari keperluan basic, melalui Kartu Sembako Murah. Jadi, ibu-ibu tidak butuh bimbang. Makin banyak anak Karawang mencapai pendidikan tinggi, dengan pertolongan KIP Kuliah,” kata Erick.

Erick meyakini gabungan pembangunan manusia serta infrastruktur yang ideal akan membawa Karawang ataupun Indonesia, jadi negara raksasa ekonomi dunia pada 2030. “Dengan semua program, khususnya Kartu KJP Kuliah akan jadikan Indonesia negeri berjuta sarjana, negeri beberapa juara!” katanya.

Comments
To Top