Nasional

Reklamasi Sudah Bermasalah sejak Soeharto

[ad_1]

7uplagi.com – Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Kebijakan Wilayah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Laksmi Wijayanti mengatakan, sejatinya pada masa pemerintahaan ada di tangan Presiden Soeharto tahun 1995 lalu pelaksanaan reklamasi yang dinamakan proyek water front city telah bergulat dengan persoalan.

“Ada dua masalah, ketika proyek itu diuji kelayakan pada tahun 1995, pertama desainnya tidak layak sesuai dengan Amdal (analisis dampak lingkungan),” ujar Laksmi pada diskusi akhir pekan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/4/2016).

Karena penghentian pelaksanaan reklamasi itu juga, sambung dia, timbul persoalan kedua, dimana gugatan demi gugatan dilayangkan pengusaha pelaksana reklamasi ke Pemerintah.

“Jadi pelaksanaan reklamasi saat itu benar-benar dianalisis berdampak buruk. Bahkan saat itu diyatakan bahwa bisa menenggelamkan Jakarta,” terangnya.

Dengan begitu, diterangkan Laksmi, dalam keputusan moratorium sementara proyek reklamasi pihaknya akan berupaya penuh meninjaul lagi izin pelaksanaan reklamasi yang telah dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dia berkomitmen penuh proyek tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat, negara, maupun pengusaha dalam ketentuan penuangan regulasi.

[ad_2]

Comments
To Top