Nasional

Resep Ramuan Tradisional Empon-empon Cegah Penularan Virus Corona

Jakarta – Akhir-akhir ini viral empon-empon sebagai penangkap virus corona. Resep empon-empon pun telah menyebar di media sosial.

Istilah empon-empon viral dari guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom. Nidom memaparkan empon-empon bisa menangkal virus asal Wuhan itu.

“Jadi sebetulnya untuk menghadapi saat ini (virus Corona) yang sederhana untuk menekan badai sitokin ada yang namanya kurkumin itu terdapat pada jahe, kunyit, temulawak yang buat bumbu masak dan minuman segar itu yang bisa menghambat badai sitokin,” kata Chaerul saat berkunjung ke kantor Transmedia di Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga bicara soal empon-empon. Dia bicara kekebalan tubuh.

“Semua yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berarti itu penangkal,” kata Terawan menjawab pertanyaan detikcom perihal kemanjuran jamu penangkal corona, Selasa (3/3/2020).

Dalam Peraturan MENKES/187/2017 Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia menyebutkan, formularium ramuan obat tradisional Indonesia (FROTI) merupakan informasi tentang jenis-jenis tumbuhan obat yang tumbuh di Indonesia yang telah terbukti aman jika digunakan sesuai aturan dan secara empiris bermanfaat bagi kesehatan. Ini termasuk ramuan empon-empon.

Sementara itu, Kadiv Pengabdian Masyarakat Pusat Studi Biofarmaka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) Siti Sadiah menambahkan, manfaat empon-empon untuk virus Corona belum ada yang meneliti. Karena virusnya baru booming akhir-akhir ini.

Namun, pendekatannya bahwa virus itu bisa ditangkal dengan sistem imunitas yang tinggi maka tanaman-tanaman yang berkhasiat sebagai imunomodulator, seperti empon-empon itu bisa menangkal serangan virus.

“Berbeda dengan bakteri yang spesifik ada obatnya. Kalau virus itu ya biasanya dengan meningkatkan sistem imun hingga virusnya kabur sendiri,” kata Siti Sadiah, kepada detikFood.

Yang repot, lanjut Siti, kalau terserang virus pada saat tubuh sedang sangat rendah sistem imunnya, efeknya bisa lumayan parah. Tidak beda dengan virus influenza, virus Hepatitis A, obatnya lebih pada mengurangi dampaknya seperti penurun panas, pilek, dan seterusnya sambil tubuhnya meningkatkan sistem imunnya dengan istirahat dan multivitamin.

Berikut resep empon-empon:

Bahan-bahan empon-empon:

150 gram jahe
100 gram temulawak 150 ml air
Kunyit secukupnya
2 batang kayu manis
1 lembar daun pandan
5 sendok gula merah/gula putih sesuai selera
Kencur secukupnya
2 batang sereh

Cara Membuat Ramuan empon-empon

Bersihkan dan potong-potong semua bahan-bahan.
Rebus seluruh bahan sampai mendidih.
Saring air rebusan ke dalam gelas.
Tunggu air rebusan sampai hangat.
Setelah itu ramuan empon-empon siap diminum.
Ramuan empon-empon diminum pagi dan sore.

To Top