Nasional

Resep Viral: Cara Membuat Dalgona Coffe

Dalgona coffee belakangan sedang hits di media sosial Instagram. Dalgona coffee ini diketahui berasal dari Makau dan Pakistan, yang mana mana kopi ini hanya dikenal sebagai kopi kocok, tetapi kemudian dipopulerkan di Korea Selatan, tempat di mana kopi ini mendapatkan nama dalgona coffee.

Diberi nama dalgona karena dalgona merupakan permen gula tradisional Korea, yang terbuat dari gula pasir dan baking soda. Dua bahan tadi dimasak hingga gula terkaramelisasi dan warnanya menjadi coklat dan teksturnya seperti krim.

Setelah jadi, gula dibentuk dan didiamkan hingga mengeras menjadi permen. Rasa dalgona coffee memang mirip permen dalgona, yakni seperti karamel.

Nah, dalgona coffee adalah kreasi kopi yang berbentuk seperti whipped cream dan di bawahnya diberi susu dan es batu. Untuk membuat dalgona coffee, Kamu cukup menyiapkan kopi instan, gula pasir dan susi cair putih dan es batu.

Selain itu, untuk membuat dalgona coffee ini dibutuhkan banyak kekuatan lengan untuk mengaduk campuran bahan-bahan sampai membentuk foam yang kaku, sebelum menyendoknya ke dalam gelas berisi susu.

Untuk membuat dalgona coffee, Kamu harus mengaduk atau mengocok bahan hingga menjadi foam yang lembut sebanyak 400 kali atau 10 menit lamanya. Kalau enggak mau capek, Kamu juga bisa menggunakan hand mixer.

Meski namanya dalgona coffee, bukan berarti Kamu hanya bisa menggunakan kopi sebagai bahan utamanya. Bagi yang tidak suka dengan kopi, Kamu bisa menggantinya dengan matcha powder, cokelat, atau bahkan susu Milo.

Berikut ini cara membuat dalgona coffee, dilansir dari laman Asia One, Jumat, 3 April 2020

Bahan-bahan Dalgona Coffee

-2 sdm kopi hitam instan atau Milo
-2 sdm gula pasir
-2 sdm air panas
-Susu cair
– Es batu

Cara membuat Dalgona Coffee

1. Masukkan kopi, gula pasir dan air panas ke dalam wadah.

2. Kocok bahan-bahan tersebut hingga menjadi foam yang lembut.

3. Ambil gelas dan tuangkan susu cair dan es batu ke dalam gelas.

4. Taruh kopi yang telah diaduk hingga menjadi foam di bagian atas susu cair. Kemudian aduk untuk dinikmati.

To Top