Tekno

Smartphone Layar Lipat Akan Jadi Primadona HP Baru di 2021

Pasar ponsel layar lipat sepertinya akan semakin ramai di tahun 2021. Rumor terbaru menyebutkan akan ada lebih banyak vendor yang meluncurkan ponsel layar lipat tahun depan, termasuk Google.

Rumor ini datang dari analis Display Research dan DSCC Ross Young. Lewat cuitan di akun Twitter miliknya, Young mengatakan paruh kedua tahun 2021 akan kehadiran ponsel layar lipat dari pemain baru seperti Google, Oppo, Vivo dan Xiaomi.

Young menjabarkan Samsung akan meluncurkan tiga model ponsel layar lipat baru dan Google akan menghadirkan satu model. Sedangkan Oppo, Vivo dan Xiaomi secara total akan mengenalkan empat ponsel layar lipat, seperti dikutip detikINET dari Gizmochina, Sabtu (12/12/2020).

Dari bocoran sebelumnya, kita sudah tahu bahwa Samsung akan meluncurkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 di kuartal ketiga tahun 2021. Tapi Young mengatakan akan ada tiga model yang diluncurkan, jadi kemungkinan ponsel misterius itu adalah ponsel layar lipat terjangkau yang telah lama dirumorkan.

Dalam cuitan yang sama, Young mengatakan Samsung tidak akan merilis Galaxy Z Fold Lite, tapi sebagai gantinya mereka akan meluncurkan Galaxy Z Flip Lite. Mungkin ini adalah model ketiga yang dimaksud Young.

Beralih dari Samsung, tiga vendor ponsel asal China, Oppo, Vivo dan Xiaomi juga akan meluncurkan ponsel layar lipat pertama mereka. Bahkan salah satu di antara mereka akan meluncurkan dua model sekaligus.

Di antara ketiganya, baru Xiaomi yang telah mendemonstrasikan prototipe ponsel layar lipat tapi ketiganya telah mendaftarkan paten untuk beragam desain ponsel layar lipat. Baru-baru ini, paten dari Oppo mengungkap desain ponsel yang mirip seperti Galaxy Z Flip.

Dalam cuitan selanjutnya, Young mengatakan ia tidak memasukkan nama LG dalam daftar ini karena mereka fokus pada ponsel layar gulung. Jika Young memisahkan kategori ponsel layar lipat dan ponsel layar gulung, maka kemungkinan ia tidak memasukkan ponsel layar gulung Oppo X ke dalam proyeksinya.

Masuknya nama Google dalam daftar ini juga menarik perhatian. Sekitar setahun yang lalu, raksasa mesin pencari ini memastikan sedang mengembangkan prototipe ponsel layar lipat.

Pada bulan Agustus lalu, dokumen internal mengungkap ponsel layar lipat dengan kode ‘passport’ yang mungkin akan diluncurkan bersama ponsel Pixel generasi baru tahun depan.

To Top