Nasional

Studi: Konsumsi Ikan Tercemar Cegah Tubuh Keluarkan Zat-zat Beracun

[ad_1]

7uplagi.com – Konsumsi ikan memang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi, jika yang dikonsumsi ikan yang sudah terkontaminasi polutan, jutsru sebalikanya. Mengonsumsi ikan yang sudah terkontaminasi polutan, menurut studi terkini, dapat mencegah proses pengeluaran atau pembuangan racun-racun dari dalam tubuh.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sciences Advance ini mempelajari 10 polutan organik (POPs) termasuk pestisida DDT dan zat kimia indsutri yang kerap ditemukan dalam tuna ekor kuning, darah manusia, dan urine. Zat-zat tersebut bisa mengganggu keefektikan protein dalam sistem tubuh untuk melakukan fungsinya, yakni pengeluaran zat-zat racun.

“Ketika mengonsumsi ikan yang terkontaminasi, efektivitas sistem pembuangan racun dalam tubuh terpengaruh,” kata Amro Hamdoun, peneliti dari Pusat Penelition Biologi Kelautan di Universitas San Diego.

Bayi, menurutnya, lebih rentan terkena dampak dari konsumsi ikan yang terkontaminasi. Meski tak mengonsumsi langsung, zat polutan itu bisa diteruskan dari sang ibu yang mengonsumsinya melalui ASI yang diminum bayi.

[ad_2]

Comments
To Top