Nasional

Tokoh Agama Ambon Diminta Jaga Solidaritas

[ad_1]

7uplagi.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berharap tokoh agama dapat memperkuat basis solidaritas warga serta menumbuhkan kesadaran beragama.

“Kami berharap para tokoh agama dapat memperkuat basis solidaritas warga dan menumbuhkan kesadarn beragama, dengan memajukan dialog dan kerjasama antarumat serta menghidupkan pranata budaya yang dijiwai semangat ale rasa beta rasa,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapesy, saat rapat koordinasi tokoh agama se kota Ambon, Selasa (19/04/2016).

Ia mengatakan, Pemkot Ambon dalam kurun waktu 2011-2016 menata pembangunan kota melalui visi sentral yakni Ambon yang maju, mandiri, religius, lestari dan harmonis berbasis masyarakat.

“Tujuan utamanya adalah mensejahterakan masyarakat melalui berbagai program pembangunan dan pemberdayaan, termasuk menciptakan kehidupan yang religius sehingga terbangun kebersamaan yang rukun,” katanya.

Menurut Richard, kebersamaan para tokoh agama menjadi inspirasi bagi Pemkot Ambon untuk membangun kota yang baik.

“Hal ini menggambarkan kehidupan pemerintah, masyarakat dan tokoh agama yang seimbang. Saya berharap rapat koordinasi dapat menghasilkan pemikiran yang relevan untuk kehidupan beragama di kota Ambon,” ujarnya.

Dia menjelaskan, para tokoh agama menjadi bagian dari sejarah perdamaian dan persaudaraan di Ambon, sehingga agama ditempatkan dalam satu dimensi yang utuh dalam pembangunan bangsa.

Tokoh agama lanjutnya, telah mendorong kontekstualisasi ajaran yang baik sebaliknya mengkontekstualisasi Indonesia menurut cara berfikir dan rasa masyarakat Ambon.

“Tokoh agama selalu mempelopori berbagai kajian filsafat yang bertumpu pada budaya dan kearifan lokal, memahami ajaran agama dan toleransi sosial, selain itu menjadi tiang moral, sosial dan etika dalam merajut kekuatan bangsa agar semakin solid,” ujarnya.

[ad_2]

Comments
To Top