Otomotif

Toyota Mengkritik Xpander dan Livina yang Memiliki Tampilan Persis

Toyota Mengkritik Xpander dan Livina yang Memiliki Tampilan Persis
Toyota Mengkritik Xpander dan Livina yang Memiliki Tampilan Persis

7uplagi.com – Toyota serta Daihatsu terhimpun pada sebuah aliansi produsen otomotif global. Di Indonesia, bentuk riil aliansi berbentuk produk mobil kembar, yaitu Avanza-Xenia, Sigra-Calya, Rush-Terios, serta Agya-Ayla.

Tidak cuma kerjasama Toyota dengan Daihatsu, sekarang ini juga di pasarkan mobil hasil aliansi Nissan dengan Mitsubishi. Produk yang disebut ialah Mitsubishi Xpander dengan Nissan Livina. Kedua-duanya dibuat memakai basis yang sama, hingga bila disaksikan selintas terlihat seperti kembar.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, aliansi sekarang jadi taktik yang biasa dikerjakan produsen otomotif global.

“Strateginya sama juga dengan Toyota serta Daihatsu. Toyota meningkatkan Avanza, Daihatsu dengan Xenia. Jika Mitsubishi ngembangin Xpander, Nissan produknya Livina. Nah, kerjasama kedua itu kan jadi menarik,” kata Soerjo di Jakarta.

Menurut Soerjo, walau saling memakai taktik aliansi, belumlah pasti hasil kerjasama Toyota dengan Daihatsu akan sama juga dengan Nissan Mitsubishi. Aliansi yang dikerjakan Toyota bersama dengan Daihatsu, kata Soerjo, telah dapat dibuktikan dari mulai beragamnya jenis produk dan jumlahnya penjualannya.

Menurut Soerjo, dalam aliansi Nissan Mitsubishi, bisa saja salah satunya produk akan mengganggu kembarannya. Karena, katanya, bila dilihat sekarang ini Mitsubishi Xpander masih tetap diperlakukan inden waktu membelinya. Sesaat Nissan tawarkan Livina dengan mode serta keunikan yang kuat.

“Nah, apa Livina itu akan mengganggu Xpander itu butuh dilihat. Dapat lihat dari tempat inden, Mitsubishi menjelaskan inden selalu Xpander. Lalu ada Nissan Livina dengan modelnya yang baru, lumayan baik begitu ya di penduduk. Peluang orang geser ke Livina,” tutur Soerjo.

Comments
To Top
bandar bola online